2 Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Berbicara di depan Umum

Manfaat Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum Atau Orang Banyak

meningkatkan kepercayaan
Jangan sampai, opini orang lain menurunkan kepercayaan diri Anda.

Manfaat utamanya adalah Anda akan dikenal dan mendapatkan pengakuan. Yang dimaksud dikenal dan pengakuan disini bukan berarti untuk sombong atau riya, karena menurut Islam ini tidak boleh. Tapi niatkan agar lebih mudah silaturahmi dan juga bisa mendapatkan peluang-peluang.

Saat orang-orang sudah mengenal Anda, maka Anda akan lebih mudah bersilaturahim, bahkan bisa saja mereka yang mencari Anda dan senang berkenalan dengan Anda. Dan, jika mereka sudah mengenal dan mendapatkan pengakuan dari mereka, maka peluang karir, bisnis, dan kerja sama akan lebih banyak Anda dapatkan.

Masalahnya, bagaimana jika belum percaya diri atau masih grogi?

Cara Meningkatkan Percaya Diri Itu Bertahap

Jika Anda masih takut, malu-malu, gemetaran atau grogi, Anda jangan pesimis. Anda harus tetap optimis, bahwa Anda akan memiliki kepercayaan diri itu. Hanya orang yang optimis yang akan meraih sukses.

Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda. Yang penting, jangan berharap akan langsung bisa. Perlu tahapan dan perlu proses sampai mental Anda terbentuk. Ya, percaya diri adalah masalah mental, bukan apa yang Anda kenakan dan bukan apa yang Anda katakan. Tapi apa yang ada dalam pikiran Anda.

Langkah Pertama Adalah BASIC dari Semua Hal

Ya, kuncinya adalah sikap atau mindset Anda. Mulai sekarang Anda harus memahami dan meyakini bahwa semua orang itu sama. Anda memiliki kekurangan, orang lain juga sama. Orang lain memiliki kelebihan, Anda juga sama. Jika orang lain sekarang sudah meraih sukses, artinya mereka sudah mengalami proses yang benar lebih dulu saja. Anda bisa segera menyusul.

Yakinlah, Allah Maha Adil, memberikan potensi dan peluang yang sama kepada semua orang. Jadi, jangan pernah lagi merasa rendah dihadapan sesama. Rendah hati harus, tapi jangan rendah diri.

Langkah Kedua Meningkatkan Percaya Diri

Langkah keduanya adalah harus mau melalui proses. Seperti dikatakan diatas, semua pencapaian itu ada prosesnya. Jika Anda mau meningkatkan percaya diri, maka Anda harus mau menjalankan proses atau tahapan yang akan menjadikan Anda lebih percaya diri.

Bagaimana tahapannya?

  1. Mulailah dari apa yang Anda bisa. Jika Anda belum berani tampil di depan umum, mulailah tampil ke hadapan sebanyak mungkin orang. Jika ada pertemuan, sempatkan untuk hadir, tidak perlu langsung bicara di depan mereka, tapi bicaralah dengan satu orang atau beberapa dari mereka. Jangan malah menghindari atau menjadi pendiam.
  2. Mulailah bersuara. Misalnya dalam rapat, seminar, atau pelatihan, Anda bisa mulai bersuara dengan cara bertanya. Jika langkah ini saja masih belum berani atau belum percaya diri, maka kembalilah melakukan proses langkah pertama. Tingkatkan pergaulan Anda sampai Anda mulai berani bersuara.
  3. Mulailah dari kelompok kecil dulu. Jika ada kesempatan dalam kelompok kecil untuk berbicara atau presentasi, maka cobalah. Mungkin dalam kelompok beberapa orang dulu. Jika masih belum berani, cobalah Anda menjelaskan sesuatu kepada satu orang saja dulu. Kemudian tingkatkan ke 2 orang dan kelompok kecil. Sampai Anda merasa nyaman.
  4. Carilahkan kelompok-kelompok lebih besar dan beranikan diri untuk bersuara. Juga lakukan sampai merasa nyaman.
  5. Cari peluang untuk berbicara pada kelompok besar. Contohnya, saat ada seminar dengan jumlah peserta cukup banyak, duduk di kursi paling depan, manfaatkan kesempatan jika si pembicara meminta peserta ke depan.

Tentu saja, dalam prakteknya tidak harus kaku seperti pada tahapan diatas. Lakukan saja secara alami. Anda bisa memanfaatkan setiap kesempatan bertemu dengan orang banyak untuk melatih kepercayaan diri Anda. Seperti saat pertemuan RT, bicaralah hanya untuk sumbang saran.

Carilah info seminar, datanglah. Banyak seminar dengan harga murah bahkan gratis. Bahkan, kalau seminar itu presentasi MLM, preview pelatihan, atau jualan sekali pun, manfaatkan saja. Ini adalah tempat latihan Anda. Apakah Anda akan tertarik terhadap apa yang mereka tawarkan, itu urusan nanti dan semua Anda yang memutuskan.

Kuncinya adalah benahi mental Anda dan cari peluang untuk berlatih. Anda akan lebih percaya diri.

Percapatan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Adakah program yang bisa mempercepat meningkatkan percaya diri? Tentu saja ada. Jika ada pelatihan kepercayaan diri, cobalah ikut. Itu akan membantu Anda mengubah mindset dengan cepat, sekaligus Anda akan langsung berlatih saat pelatihan itu. Seperti yang pernah saya selenggarakan, dengan berbagai teknik, semua peserta berani berbicara di depan peserta lainnya saat itu juga.

Alternatif lain, Anda bisa mempelajari video The Confidence Secret kemudian mempraktekannya. Metode yang saya gunakan saat pelatihan, saya sertakan juga dalam video bahkan lebih lengkap dan aplikatif. Sudah banyak yang memberikan testimoni positif setelah mempraktekan video tersebut.

Pada dasarnya, Anda akan dibantu membentuk mindset dengan sebuah pembuktian diri dan ketajaman logika, bahwa sebenarnya Anda adalah sama dengan orang lain. Juga dijelaskan bagaimana agar mindset Anda tidak dirusak oleh berbagai informasi menyesatkan dari luar (seperti apa yang dikatakan Steve Jobs diatas). Dan masih ada teknik-teknik lainnya.

13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield