2 Rahasia Sukses dalam Berbisnis Yang Kadang Diabaikan

rahasia sukses

Terserah Anda Mau Bisnis Apa, Yang Penting …

Rahasia sukses sebuah bisnis bukan terletak pada bisnisnya, namun yang lebih penting adalah orang yang menjalankan bisnis. Bisnis bisa sama, tetapi berbeda yang menjalankan bisa berbeda pula hasilnya. Dan faktanya, banyak orang sukses bisnis dengan bisnis yang berbeda-beda.

Jadi jangan fokus berpikir “bisnis apa ya?”, tetapi fokuslah menjadikan diri Anda mampu menjalankan bisnis Anda dengan baik, menghasilkan, dan tentu saja berkah. Tentu saja, Anda pada saatnya akan bertanya “bisnis apa”, dan Anda akan mampu menjawabnya SENDIRI.

Seperti sudah dibahas diatas, rahasia sukses dalam usaha bukan semata-mata terletak pada bisnis apa, tetapi siapa yang menjalankankannya. Apakah dia mampu menjalankan bisnis itu atau tidak. Artinya kuncinya ada pada kemampuan Anda sendiri.
Yang menjadi pertanyaan, kemampuan apa yang diperlukan seorang pebisnis agar sukses? Banyak yang terjebak pada kemampuan teknis saja. Dia belajar cara membuat produk. Dia belajar cara teknis pemasaran di facebook. Tapi ternyata, bukan masalah teknis yang memberikan kontribusi kepada keberhasilan Anda.

Justru inilah 85% faktor penentu sukses bisnis Anda.

Rahasia sukses berwirausaha adalah Anda memiliki mental wirausaha. Bahkan, bisa jadi saat mental wirausaha sudah terbentuk, tanpa kemampuan teknis pun Anda bisa berhasil. Ini serius. Sebab masalah teknis bisa diatasi oleh orang lain, oleh anak buah atau karyawan Anda.

Saya tidak melarang Anda memiliki kemampuan teknis, tetapi jangan menjadi fokus utama, sekedar bisa untuk memulai bisnis dan agar memahami proses bisnis, itu justru baik. Selanjutkan, delegasikan saja.

Banyak orang yang terobsesi pada masalah teknis, karena dia tidak pernah berpikir untuk mendelegasikan. Dia tidak pernah berpikir memiliki tim, karyawan, dan sistem. Padahal, yang namanya bisnis, memerlukan ini semua. Bisnis bukan hanya sekedar punya produk atau jasa, kemudian menjualnya sendiri. Ini namanya dagang.

Cara meraih sukses bisnis itu sebenarnya adalah membina diri Anda sendiri menjadi orang seorang wirausaha sejati. Jika ingin sukses bisnis, harus dengan ilmu bisnis. Anda harus mau belajar, bagaimana cara menjalankan bisnis.

Bukankah kalau mau bisnis harus langsung terjun? Ya tentu saja. Pertanyaannya, Anda mau melakukan apa? Seperti dikatakan diatas, banyak orang yang ceritanya mau bisnis, tetapi nyatanya melakukan hal yang salah, karena ilmunya kurang. Dia kurang belajar.

Memang ada orang yang sukses dimulai dari praktek, tapi mereka itu praktek sambil belajar. Dia memiliki ilmu bisnis dari hasil praktek. Pada kenyataanya, banyak yang “praktek” bertahun-tahun yang ujung-ujung berhenti alias bangkrut. Kenapa? Karena dia gagal belajar, dia tidak mendapatkan ilmunya dari praktek.

Penyebab kedua orang yang gagal setelah sekian lama praktek ialah dia melakukan praktek yang salah. Dikiranya sudah menjalankan bisnis yang benar, pada kenyataanya, dia melakukan hal yang salah dan salah seterusnya. Mengapa? Karena kurang ilmu.

Disisi lain, saya banyak menemukan orang yang berhasil bisnis dengan cepat setelah dia belajar. Ya, tidak sedikit orang yang awam, kemudian dia membeli panduan bisnis atau ikut pelatihan, kemudian mempraktekannya, setelah itu dia berhasil dalam bisnis dengan waktu yang cepat. Dimulai dari ilmu kemudian praktek.

Pada dasarnya cara sukses berbisnis itu diawali dari praktek, praktek yang menjadi ilmu, kemudian dipraktekan.

Praktek bisnis ==> jadi ilmu ==> dipraktekan ==> sukses

Jadi selalu diawali praktek? Betul. Namun yang perlu dicatat adalah, tidak selamanya harus praktek sendiri. Ilmu akan datang dari praktek, yang hikmahnya dikumpulkan menjadi sebuah ilmu. Dan, tidak selalu harus praktek sendiri.

Anda bisa belajar dari praktek orang lain yang sudah dituangkan dalam buku, ebook, video, seminar, atau pelatihan.

Teori tidak selamanya sama dengan praktek?

Ya iyalah! Sebab praktek orang lain pasti berbeda dengan praktek Anda. Ada banyak faktor, kemampuan Anda, modal Anda, mindset Anda, lingkungan, dan waktu yang berbeda. Jangan sangat wajar jika Anda tidak bisa menjiplak 100% hasil dari pengalaman orang lain. Yang diperlukan adalah penyesuaian, bukan malah membuat ilmu itu.

Rahasia Sukses dalam Bisnis itu BUKAN Bertindak!

Jadi, jika ada yang mengatakan, “yang penting bertindak” …. itu adalah salah. Harusnya bertindak dengan benar. Bukan asal bertindak.

Nah, rahasia sukses memulai usaha    sebenarnya ialah belajar. Serius. Mungkin konsep ini berbeda dengan sebagian motivator yang menyuruh bertindak. Sebenarnya sama, saja. Anda boleh bertindak sekarang juga, tapi ingat tujuannya adalah belajar.

TIPS dari saya untuk mempercepat sukses: pelajari fondasi bisnis terlebih dahulu. Anda tidak perlu menjadi MBA, yang penting memahami mindset, cara berpikir, dan konsep dasar berbisnis. Kemudian bertindak. Ini jauh lebih efektif daripada Anda langsung bertindak tanpa bekal ilmu sama sekali atau sangat minim.

Saya sudah membuat video yang membahas fondasi membangun bisnis yang sukses. Anda cukup fahami konsep dasarnya yang dijelaskan video ini. Mungkin memerlukan beberapa hari sampai faham, kemudian bertindaklah membangun bisnis. Akan terasa beda, sebab tidak ada lagi kebingungan dan rasa optimis yang tinggi. Silahkan dapatkan disini.

OK, kita sudah membahas tentang pentingnya memiliki kemampuan bisnis seperti yang dikatakan Robert T. Kiyosaki, “mengatakan bertumbuhlah, perbesarlah realitas (kapasitas anda)”. Nah, bagai jika Anda sudah siap membuka bisnis. Apa rahasianya?

Cara Membuka Bisnis

Rahasia sukses buka usaha ialah membuka usaha itu, bukan hanya dibicarakan. Saat Anda sudah memahami fondasi dasar bisnis, Anda tidak akan bingung membuka usaha. Ya tinggal buka saja. Tentu saja tidak asal buka.

Saya banyak menyaksikan, orang memulai bisnis bakso atau rumah makan, kemudian kurang dari setahun sudah tutup. Mudah-mudahan dia mendapatkan ilmu dari kegagalan ini. Kira-kira, apa penyebab mereka gagal?

Serius, kurang ilmu. Sebagai contoh, di sebuah daerah ada warung bakso yang sudah punya “brand”. Artinya sudah cukup dikenal dan dicari orang. Kemudian, tidak jauh dari sana, ada yang membuka warung bakso, persis sama dari segi baksonya. Dan, selalu sepi sampai akhirnya tutup. Pelanggan lama tetap menuju warung bakso yang lama.

Sementara, ada juga warung bakso baru lainnya, cukup lama bertahan dan memiliki pelanggan yang lumayan. Mengapa? Dia tau ilmunya. Dia pintar mencari posisi yang pas (strategi pemasaran) dan juga memiliki perbedaan (differensiasi/taktik pemasaran).

Jelas, ilmu memberikan perbedaan.

Lalu  apa rahasia sukses bisnis toko online? Sama saja. Media online seperti internet dan ponsel adalah hanya alat. Cara menjalankannya sama saja, perlu strategi dan taktik pemasaran yang benar. Intinya tidak ada bedanya, hanya saja menggunakan alat yang berbeda.

Saat Anda menjalankan bisnis online, anda tetap harus punya strategi, taktik, dan brand. Kemudian bagaimana memanfaatkan media online seperti web, blog, social media, dan sebagainya untuk menjalankan strategi, taktik, dan membangun brand. Itu saja.

Rahasia sukses usaha kecil dan besar sama saja. Mulailah dengan yang ada. Perusahaan besar mungkin punya anggaran untuk membangun jalur distribusi dan iklan di TV untuk membangun brand. Jika tidak punya modal, gunakan jalur lain. Ada brosur, poster, iklan korang, iklan radio, dan juga internet yang biayanya tidak semahal di TV.

Kuncinya sama: pengorbanan. Jika perusahaan besar dengan mengorbankan uang yang banyak, maka bisnis kecil mungkin berkorban waktu dan keringat. Tetap saja, sama-sama memerlukan pengorbanan.

Bagaimana rahasia sukses bisnis jaringan? Saya kira sama saja, tidak ada bedanya. Anda harus membina diri agar mampu menjalankan bisnis jaringan, kemudian praktekan. Kabar baiknya, ada mentor yang siap membantu Anda yaitu upline Anda yang sudah berhasil. Kabar buruknya, bisnis jaringan adalah bisnis yang masuknya mudah, sehingga persaingan pun menjadi ketat baik sama-sama dalam satu perusahaan atau pun beda perusahaan.

Nah, untuk berhasil dalam bisnis yang banyak persaingan karena point entrynya mudah, maka Anda harus menjalankannya dengan luar biasa. Tidak bisa dengan cara-cara biasa. Bagaimana menjalankan bisnis jaringan dengan luar biasa? Itu pun ada ilmunya. Banyak pebisnis MLM yang baru masuk, kemudian menawarkan ke beberapa temannya atau di facebook, tidak ada yang gabung, terus berhenti atau mencoba MLM lain.

Anda akan berhasil di bisnis apa pun, baik kecil atau besar, baik bisnis jaringan, bisnis online, dan bisnis apa pun pada umumnya jika Anda mau investasi pada diri Anda sendiri terlebih dahulu, membangun mental wirausaha dan belajar bisnis, baik belajar dari praktek sendiri maupun dari orang lain.

Bertumbuhlah kawan, sebab hanya tanaman yang tumbuh yang akan menghasilkan buah.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield