3 Cara Bertahan Dari Pengaruh Buruk Linkungan Yang Sering Terlupakan

shields-2-1389990-mKita semua sadar, mengapa kita harus optimis, sebab untuk kebaikan kita dimasa mendatang. Namun untuk tetap optimis, tantangannya tidak mudah. Kita berada tidak bisa lepas dari linkungan dan lingkungan bisa memberikan pengaruh buruk kepada kita. Lalu, bagaimana agar kita bisa bertahan dari pengaruh buruk linkungan?

Artikel ini akan membahas 6 cara agar kita bisa bertahan atau sunggup menangkal pengaruh buruk dari lingkungan. Kita tidak perlu khawatir, tidak perlu stress ingin mengubah dunia. Sebab yang pertama kali harus berubah adalah diri kita terlebih dahulu. Seperti sebuah kapal layar, dia tidak bisa mengubah arah angin, tetapi bisa mengubah arah layar.

Sesuaikan arah layar Anda, artinya kemampuan kita beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi. Namun, saat mengarahkan layar, kita tidak bisa hanya mengikuti arah angin kemana. Kita harus memiliki patokan atau panduan yang akan mengarahkan hidup kita.

Cara Pertama: Miliki Nilai-nilai Hidup dan Peganglah Dengan Erat

Sebuah kapal layar, jika dia hanya mengikuti arah angin, dia akan terombang ambing entah akan sampai kemana. Begitu juga dengan Anda. Anda harus memiliki nilai-nilai hidup yang Anda pegang teguh sehingga nanti Anda tidak akan kehilangan yang berharga bagi Anda.

Bayangkan, jika suatu saat Anda tersadar, ternyata ada sesuatu yang hilang. Hidup Anda hampa tanpa arti. Itu artinya Anda sudah kehilangan nilai-nilai hidup Anda. Anda tanpa sadar, menjalani hidup tanpa berpegang pada nilai-nilai yang penting bagi Anda. Anda hanya mengikuti arus, hidup Anda dibawah pengaruh lingkungan.

Berbeda, jika Anda memegang seperangkat nilai, maka Anda tidak akan pernah lepas dari apa yang penting bagi Anda.

Saat ini melupakan nilai-nilai hidup Anda? Silahkan buka al Quran dan temukan nilai-nilai hidup Anda kembali. Kemudian pegang teguh sampai mati.

Cara Kedua: Miliki Dengan Kuat Visi Hidup Yang Mencerahkan

Anda mau menjadi apa? Saat Anda tidak memiliki kejelasan tentang masa depan Anda, maka hidup Anda akan terombang ambing entah kemana. Sebuah kapal ditengah lautan yang tidak memiliki tujuan, dia akan terobang ambing entah sampai kemana. Jika sudah punya tujuan, dia akan melawan arus dan menyesuaikan layarnya.

Anda akan mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk jika visi Anda tidak cukup kuat, apa lagi tidak memiliki visi. Untuk itu milikilah visi yang kuat tentang masa depan Anda, teruslah ingat. Mengingat visi dengan kuat bisa menjadi perisai akan pengaruh negatif dari lingkungan.

Visi di akhirat sudah jelas, ingin menjadi penghuni syurga. Visi di dunia? Saya ingin menjadi …. yang …. yang ….. SIlahkan diisi sendiri. Membuat visi itu mudah. Kuncinya menggali apa yang Anda inginkan dan sesuai dengan nilai-nilai yang Anda pegang.

Cara Ketiga: Miliki Misi Mulia dan Tuntaskan Misi Anda

Apa misi hidup Anda? Lihatlah seorang prajurit yang mengemban sebuah misi, dia terus berjuang sampai misi diselesaikan. Misi dimiliki oleh setiap orang. Pada dasarnya adalah menjadi khalifah di muka bumi, beribadah, dan menjadi rahmatan lil alamin.

Lalu, apa misi Anda sesuai dengan peran Anda? 3 Misi diatas adalah misi besar semua manusia. Setiap manusia memiliki peran-peran dalam hidup, dan setiap peran akan memiliki misi masing-masing. Apa misi Anda sebagai ayah, suami, istri, anggota masyarakat, mungkin pemimpin, penulis, dan sebagainya. Silahkan ingat kembali apa misi Anda sesuai dengan peran yang Anda miliki.

Misi itu harus misi mulia, jangan asal misi. Misi mulia akan memberikan energi luar biasa kepada Anda agar terus bertindak sampai misi terselesaikan sehingga pengaruh negatif dari lingkungan akan sampai kepada Anda.

Sudahkah Anda memiliki memiliki ketiga perisai ini? Klik disini!

Tags:, ,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield