3 Faktor Sukses Kunci Yang Melejitkan Pencapaian Anda

3 faktor sukses kunci

Maukah Pencapaian Anda Melejit? Daya Ungkit 3 Faktor Sukses Kunci Ini!

Faktor sukses itu sebenarnya sangat banyak. Adalah salah jika ada yang mengatakan bahwa faktor hanya satu atau 2 atau 3. Banyak sekali, bahkan saya tidak mengetahui berapa jumlah sebenarnya. Yang jelas, semua yang benar, positif, dan bernilai akan memberikan kontribusi kepada keberhasilan Anda.

Jadi, jika mau sukses dan meraih pencapaian yang besar, maka tingkatkan nilai dari apa yang Anda miliki dan apa yang Anda lakukan. Sukses Anda adalah total nilai dari semua nilai-nilai faktor yang ada.

Pada kali ini, saya akan membahas 3 faktor kunci dan bagaimana memanfaatkan 3 faktor sukses ini untuk melejitkan pencapaian Anda. Mengapa saya membahas cuma 3? Ya, karena waktu dan tempat yang terbatas. Kalau mau dibahas semuanya harus nulis satu buku bahkan buku pun akan kurang. Jadi, saya membahas 3 faktor ini bukan berarti yang lain tidak penting.

Untuk Sukses Mencapai Sesuatu, 3 Faktor Ini Harus Ada

Tiga faktor sukses itu adalah:

  • Ideas
  • How to
  • Action

Jadi, untuk meraih sukses itu tidak hanya dibutuhkan tindakan. Sebelum tindakan, Anda harus mengetahui dulu apa yang harus dilakukan bukan? Itu adalah ide. Dengan kata lain, ide itu adalah APA atau WHAT. Apa saja yang perlu Anda lakukan harus jelas.

Setelah APAnya atau ide jelas, maka langkah selanjutnya adalah how to, bagaimana cara melakukannya. Anda sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan, tetapi tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka semua percuma.

Dan yang ketiga, baru tindakan. Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya, maka bertindaklah. In syaa Allah apa yang Anda inginkan akan tercapai.

Bagaimana Jika Gagal?

Selain faktor sukses, ada juga yang disebut faktor gagal. Jika total nilai gagal Anda lebih besar dari total nilai sukses, maka Anda akan gagal. Untuk itu, jika mau sukses, perbesarlah nilai-nilai dari faktor sukses Anda. Sampai total nilai sukses melebihi faktor gagal, maka sukses akan diraih.

Apa yang disebut faktor Gagal? Semua hambatan yang Anda miliki. Bisa persaingan, bisa situasi, kondisi, ketidak berdayaan, ketidak punyaan, dan sebagainya.

Misalnya, jika ada persaingan, maka Anda bisa meningkatkan nilai sukses Anda. Misalnya mencari ide tindakan yang lebih baik, meningkatkan kualitas cara bertindak, dan lebih berkerja keras. Semakin kuat hambatan, maka usaha yang harus dilakukan semakin besar pula.

Rumus Faktor Sukses

Saya merumuskan 3 faktor sukses ini dengan rumus perkalian

Ideas (I) dikalikan How to (H) dikalikan Action (A) = Pencapaian

OK, secara singkat, rumusnya I X H X A = Pencapaian.

Ideas

Yang dimaksud I adalah apa yang harus dilakukan termasuk ide produk jika Anda sedang berbisnis. Nilanya bisa negatif, bisa nol, dan bisa positif. Nilai negatif jika ide tersebut salah, ide yang berdosa, atau ide kejahatan. Nilai nol jika ide itu tidak ada artinya, dan nilai positif jika ide itu benar. Saya berikan nilai 1 jika ide merupakan ide biasa, dan ini syarat minimal untuk pencapaian.

Jika negatif atau nol, maka sehebat apa pun caranya, sehebat apa pun tindakan, tidak akan membawa hasil. Jadi, pastikan memiliki nilai 1, yaitu ide yang benar dengan nilai biasa. Artinya syarat dasar untuk sukses adalah setidaknya memiliki ide yang biasa saja, tapi sudah terbukti menghasilkan.

Misalnya jika And mau bisnis, menjual bakso biasa adalah ide biasa. Sudah terbukti menghasilkan, tapi ini ide biasa. Jika Anda mau nilainya lebih, maka harus dicari ide bakso yang lebih baik. Misalnya memiliki keunggulan tertentu. Dalam bahasa pemasaran, punya differensiasi dan keunggulan kompetitif. Mungkin nilainya jadi 100.

Kunci meningkatkan ide adalah ilmu dan kreativitas.

How To

Ini adalah cara melakukan. Cara melakukan yang biasa nilainya 1. Jika nilainya mau lebih besar, maka tingkatkan kualitas cara melakukannya dengan ilmu dan keterampilan. Contoh: cara jualan bakso dengan mendorong rombong adalah cara biasa. Akan menghasilkan, tapi biasa-biasa saja.

Anda bisa menerapkan strategi dan taktik pemasaran yang lebih baik untuk meningkatkan nilai cara menjual bakso.

Kuncinya meningkatkan nilai how to adalah ilmu dan skill (keterampilan). Tingkatkan ilmu dan asah keterampilan Anda. Juga termasuk bagaimana cara bertindak dan ilmu daya ungkit.

Action

Action sudah jelas, tindakan. Tindakan juga ada nilainya. Tindakan biasa nilainya 1, tindakan lebih rajin nilainya lebih tinggi, tindakan luar biasa nilainya lebih tinggi lagi.

Kunci meningkatkan nilai tindakan adalah motivasi. Tanpa motivasi tidak ada tindakan, motivasi yang biasa tindakannya biasa. Motivasi yang tinggi, tindakannya juga luar biasa.

Cara Meningkatkan Pencapaian dan Menghancurkan Penghalang

Yang Penting Bertindak Bertubi-tubi

Dari rumus diatas, jika Anda ingin meningkatkan pencapaian termasuk menghancurkan penghalang, maka tingkatkan minimal salah 1 faktor diatas.

Jika Anda hanya punya ide biasa (nilainya 1), kemudian cara biasa (nilainya 1), maka tindakan Anda yang harus luar biasa, misalnya nilainya 1.000. Sehingga pencapaian Anda adalah:

1 X 1 X 1.000 = 1.000

Inilah yang dimaksud yang penting bertindak, bertindak dengan bertubi-tubi, tindakan masif atau apa pun namanya. Selama syarat ide dan cara sudah benar (bernilai 1, bukan negatif atau nol), maka dengan tindakan bisa menghasilkan pencapaian, sesuai dengan nilai tindakan Anda.

Ini yang disebut sukses mengandalkan kerja keras.

Bertindak Lebih Smart

OK, mungkin Anda tidak bisa terlalu bekerja keras. Tindakan Anda nilainya 100. Tapi pencapaian ingin tetap 1000, maka Anda bisa melakukannya dengan meningkatkan kualitas how to-nya. Misalnya Anda mengasah keterampilan dulu. Maka hasilnya akan berbeda. Misalnya Anda 10 kali lebih efektif. Anggap saja nilainya 10.

Maka pencapaian Anda:

1 X 10 X 100 = 1.000

Hasilnya bisa 1000, meski agak malas, tapi tindakannya lebih smart karena memiliki keterampilan lebih baik. Bagaimana jika tetap bekerja keras? Maka hasilnya akan 10 kali lipat. Artinya bekerja keras saja boleh, bekerja cerdas saja boleh, dan akan lebih dahsyat jika bekerja keras DAN bekerja cerdas.

Ide Brilian

Anda juga bisa meningkatkan pencapaian dengan meningkatkan kualitas ide Anda. Semakin bagus idenya, akan semakin besar nilainya. Semakin brilian ide Anda, nilainya akan semakin tinggi. Anda tidak lagi menjual bakso biasa, tetapi bakso yang istimewa, hasil pemikiran dan riset yang mendalam. Nilai ide Anda bisa baik, anggaplah menjadi 10 atau 100 bahkan bisa lebih.

Jadi, jangan anggap enteng dengan ide. Ide yang brilian bisa mempermudah usaha Anda meraih pencapaian. Misalnya Anda menemukan ide brilian dengan nilai 1000, maka pencapaian 1000 bisa dilakukan dengan cara biasa dan tindakan yang biasa-biasa saja.

Yang salah adalah Anda punya ide brilian, tapi tidak mengetahui cara mewujudkannya dan tidak mengambil tindakan sama sekali.

Pencapaian Luar Biasa

Tentu saja kita tidak harus puas hanya meningkatkan nilai salah satunya saja. Bayangkan, jika Anda punya ide brilian, cara melakukannya dengan ilmu dan skill yang tinggi, dan bertindak secara masif, maka hasilnya akan luar biasa. Jika masing-masing punya nilai 1000? Maka hasilnya 1.000.000.000.

Bagaimana Dengan Do’a?

Sebenarnya saya ingin membahas pada kesempatan lain, tapi supaya bisa terlihat hubungannya, maka peran do’a adalah menguatkan semuanya.

(I X H X A) X D = Pencapaianya

Jadi, jika ide brilian, digabung dengan cara yang hebat, tindakan yang masif, dan disertai do’a yang kenceng, tidak akan yang bisa menghentikan Anda. Jika Allah sudah berkehendak, siapa yang bisa menahan?

Kesimpulan

Jangan dibingungkan dengan angka. Angka diatas hanya untuk ilustrasi. Yang jelas, untuk meraih sukses kita tidak bisa hanya mengandalkan 1 faktor saja, seperti bertindak saja. Pencapaian Anda akan dipengaruhi oleh banyak faktor, dan 3 faktor kunci itu adalah ideas, how to, dan action.

Jika Anda gagal terus atau pencapaian biasa-biasa saja, maka tingkatkan idenya, tingkatkan kualitas caranya, dan tingkatkan tindakan Anda serta jangan lupa berdo’a. Selengkapnya:

  • Meningkatkan ide dengan mencari inspirasi dan kemampuan kreativitas. Anda bisa mempelajari kreativitas disini.
  • Meningkatkan how to dengan belajar ilmu apa yang Anda geluti dan mengasah keterampilannya. Termasuk masalah waktu. Untuk meningkatkan how to, saya sarankan untuk mempelajari Revolusi Waktu dan Daya Ungkit.
  • Untuk meningkatkan action, Anda harus pandai mempertahankan motivasi. Mau tau cara mempertahankan motivasi, pelajara Instant Motivation Weapon.

Tentu saja, Anda tidak harus mempelajari sumber yang saya rekomendasikan diatas. Belajar bisa dari mana saja, yang penting adalah tingkatkan kualitas ide ada, tingkatkan ilmu dan kemampuan Anda, dan tingkatkan kerja keras Anda. Plus, jangan lupa berdo’a agar segalanya semakin lancar.

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield