4 Fokus Yang Harus Dimiliki Agar Bisnis Online Anda Sukses

Bagaimana Cara Sukses Bisnis Online?

4-fokus-bisnis-online

Pertanyaan ini datang dari 2 tipe orang. Yang pertama mereka yang belum memulai bisnis online. Yang kedua, mereka yang sudah mencoba menjalankan bisnis online tetapi belum juga menghasilkan uang. Anda termasuk yang mana?

Terlepas apakah Anda belum atau sudah mulai berbisnis online, artikel ini akan menunjukan cara pasti bagaimana Anda bisa sukses dalam bisnis online. Atau, jika Anda sudah berbisnis online tetapi belum sukses, maka silahkan terapkan konsep yang dibahas disini biar bisnis online Anda sukses.

Berbicara tentang fokus, ini memang penyakit yang banyak menghinggapi pada pebisnis online. Ada dua macam penyakit, yang pertama tidak fokus. Yang kedua fokus pada hal yang salah.

Contoh yang tidak fokus adalah mereka yang kutu loncat, baik peluang maupun metode. Ada peluang baru yang ditawarkan, dia langsung mencoba. Ada metode baru yang ditawarkan, dia langsung ngiler untuk mencobanya. Maka apa yang sudah dia lakukan akan terbengkalai sementara dia memulai yang baru dari nol lagi.

Yang kedua salah fokus. Orang ini rajin. Tiap hari online. Tiap hari berusaha mendapatkan uang dari internet. Tapi mana hasilnya? Dia bisa salah fokus pada peluang atau salah fokus pada metode yang dia lakukan. Contohnya banyak orang yang menghabiskan waktu untuk money game atau bisnis tipu-tipu. Dia hanya menghabiskan waktu saja.

Begitu juga dengan salah fokus pada metode. Contohnya dia menghabiskan waktu sharing link dagangannya di facebook setiap hari bahkan berulang-ulang. Padahal hanya segelintir orang yang melihat posting dia. Dia lakukan terus menerus, berharap dagangannya laris, padahal teman dia hanya puluhan orang. Sementara dia tidak mengetahui bahwa profil facebook tidak boleh untuk bisnis.

Memang ada metode tertentu yang bisa dilakukan untuk berbisnis online memanfaat facebook. Tapi harus dengan cara yang benar, misalnya bagaimana cara punya teman tertarget, bagaimana agar setiap posting dia dilihat oleh banyak temannya. Perlu Anda ketahui, tidak semua teman Anda akan melihat posting Anda di facebook. Ada ilmunya agar lebih banyak teman yang melihat postingnya.

OK, pada kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara memanfaatkan profil untuk berbisnis. Ini hanya contoh. Banyak orang salah menggunakan blog, salah mengunakan youtube, salah menggunakan twiter, dan sebagainya karena mereka tidak mengetahui ilmu. Mereka hanya meniru orang lain dari kulit luarnya saja.

4 Fokus Pebinis Online Yang Harus Anda Fokuskan

Ada 4 fokus yang harus menjadi fokus utama Anda. Perhatikan, apakah aktivitas anda termasuk 4 fokus ini bukan? Jika bukan, lupakan. Jangan sampai menghabiskan waktu Anda. Anda harus fokus pada 4 hal ini. Sebab 4 hal inilah yang akan memberikan hasil kepada Anda.

Fokus #1: Mendapat Penukar Uang

Banyak pebisnis pemula yang terkecoh dengan “bisnis” money game atau investasi bodong. Mengapa? Biar cepat menghasilkan uang. Padahal uang akan datang saat Anda memberikan manfaat kepada orang lain. Penukar uang itu adalah manfaat bagi orang lain.

Manfaat didapatkan dari produk (barang) atau jasa yang Anda tawarkan. Nah, fokus pertama adalah bagaimana Anda agar bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Tugas pokok anda adalah mencari, membeli, atau membuat produk yang bisa Anda tawarkan kepada orang lain.

Tapi saya tidak punya modal?

Tidak selamanya Anda harus membeli barang untuk dijual kembali. Banyak cara untuk mendapatkan produk yang bisa Anda jual. Jika Anda masih belum bisa, maka Anda harus belajar bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Jangan abaikan, jangan cari jalan pintas seperti money game. Belajarlah sampai bisa.

Setelah bisa, maka praktekan sampai Anda benar-benar “memiliki” produk yang bisa Anda jual. Atau, intinya ada produk yang bisa Anda jual secara sah. Produk bisa berupa barang dan jasa, termasuk produk digital.

Fokus #2: Mengalirkan Darah Bisnis

Jika Anda tidak bisa mengalirkan darah bisnis ini, maka bisnis Anda akan mati. Sehebat apa pun produk atau jasa Anda, jika tidak ada yang mengetahuinya, siapa yang mau membelinya? Maka tugas pokok kedua Anda adalah memperkenalkan produk Anda ke sebanyak mungkin orang.

Jangan berharap kaya, jika Anda hanya memperkenalkan produk kepada puluhan atau ratusan teman facebook Anda. Itu pun tidak semua melihatnya, paling beberapa orang. Anda harus memperkenalkan kepada sebanyak mungkin orang yang mungkin berminat.

Dalam dunia bisnis online, orang yang melihat produk Anda baik di web maupun di facebook disebut dengan traffic. Traffic adalah darah bisnis Anda. Tanpa traffic, bisnis Anda akan mati. Jadi, Anda harus fokus mendatangkan traffic ke produk Anda. Ini fokus kedua Anda.

Fokus #3: Pekerjaan Dibenci dan Dicintai

Suka ada orang yang promosi sebuah peluang dengan mengatakan “bisnis online tanpa jualan”. Padahal, dia sedang jualan. Ha ha ha ha.

Mengapa “tanpa jualan” menjadi sebuah nilai tawar (padahal bohong), karena banyak orang yang membenci menjual.

Padahal, satu-satunya cara menukarkan produk dengan uang adalah dengan cara menjual. Sekali lagi, M E N J U A L. Tidak ada cara lain. Entah menjual secara halus, entah menjual secara langsung. Intinya adalah menjual.

Dalam bisnis online juga sama, selalu menjual. Jadi, jika tidak mau menjual, ya jangan bisnis. Bisnis selalu menjual.

Memang, ada enaknya di bisnis online. Anda bisa menjual dengan tulisan, dan sekali tulis bisa digunakan berulang-ulang ke ribuan bahkan jutaan orang. Anda tinggal menulis di website Anda kata-kata dan kalimat yang menjual produk Anda. Kadang ada lanjutannya untuk closing, yang komunikasi langsung, baik melalui chat online atau bertemu langsung.

Pada dasarnya adalah Anda harus mengubah pengunjung web Anda menjadi pembeli. Istilahnya dalam dunia bisnis adalah konversi. Tingkat konversi adalah berapa orang yang membeli produk Anda. Biasanya dalam persen. Tingkat konversi 1% artinya ada 1 orang dari 100 pengunjung yang membeli produk Anda.

Tugas pokok Anda adalah meningkatkan terus menerus tingkat konversi website Anda. Ini fokus ketiga Anda.

Fokus #4: Membangun dan Memimpin Tim

Anda bisa mengerjakan 3 fokus diatas sendiri. Ya, bisa. Tapi ingat, waktu Anda terbatas. Sejalan dengan bisnis Anda, Anda akan semakin sibuk. Untuk itu Anda harus membangun tim. Mungkin bisa secara bertahap sampai memiliki tim yang cukup dan tangguh.

Tugas Anda selanjutnya adalah membuat sistem dan memimpin tim Anda. Ya, kemampuan membuat sistem dan kemampuan memimpin menjadi sangat vital untuk perkembangan bisnis Anda. Ingat, jika bisnis dilakukan sendiri, meski Anda sukses tapi ada batasnya, yaitu waktu Anda.

Jika Anda ingin lebih sukses lagi, maka harus lebih banyak yang Anda hasilkan. Dan, hanya dengan bantuan orang lain lah Anda bisa meningkatkan produktivitas. Sehebat-hebatnya sendiri, yang terbatas oleh waktu.

Kesimpulan

Jika Anda mau sukses, bahkan sukses besar dalam bisnis online, maka fokuslah melakukan 4 hal. Fokus menjadi sangat penting, jangan habiskan waktu Anda untuk hal-hal yang tidak termasuk 4 hal diatas.

Bahkan, jika perlu, lebih fokus lagi. Produk itu banyak, maka fokuslah pada ceruk pasar tertentu saja. Cara mendatangkan traffic itu banyak, maka fokuslah pada salah satu cara saja.

Jika Anda masih kesulitan menjalankan 4 fokus diatas, lakukan satu persatu. Fokus dulu pada traffic. Setelah Anda bisa mendatangkan traffic, cari produk. Setelah Anda punya produk, tingkatkan konversi penjualan. Setelah penjualan cukup bagus, mulailah membangun tim. Jadi tidak harus dilakukan berbarengan, bisa satu persatu. Urutan bisa disesuaikan.

Nah, setelah Anda memiliki tim, Anda harus mengatur tim Anda agar bisa menjalankan 3 fokus diatas secara bersamaan agar bisnis Anda berjalan dengan baik.

==> Masih Punya Alasan? KLIK: Cara Bisnis Online No Excuse.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield