5 Rahasia Sukses Bisnis Ala Robert T. Kiyosaki dan Donald J. Trump

Rahasia Sukses Bisnis Yang Wajib Anda Miliki

rahasia sukses bisnis

Kelima rahasia ini saya sarikan dari buku Midas Touch yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki dan Donald Trump yang dikenal sebagai 2 ahli dan praktisi bisnis terkemuka di dunia.

Midas Touch kalau dibahasakan dengan bahasa kita adalah sentuhan emas. Artinya apa pun yang kita sentuh akan menjadi uang. Tentu saja ini sebuah metafora, maksudnya adalah apa pun bisnis yang kita jalankan, jika kita sudah memiliki kelima rahasia ini, maka bisnis akan sukses.

Anda akan menjadi seorang pebisnis bertangan dingin. Bukan apa bisnis yang bagus, tetapi bagaimana Anda menjalankan bisnis itu.

5 Rahasia Sukses Bisnis bisnis ini bisa dterapkan untuk berbagai hal. Apa pun bisnis Anda. 5 Rahasia ini harus menjadi dasar semua bisnis. Memang, ada hal-hal teknis yang membedakan setiap bisnis, tetapi sebelum kita memikirkan hal teknis, pastikan Anda sudah menerapkan 5 rahasia sukses bisnis ini.

Jadi, apa pun bisnis Anda, apakah itu bisnis, amazon, angkringan, bakso, cafe, catering, developer properti, fotocopy, franchise, jaringan, jual tiket pesawat, kuliner, laundry kiloan, makanan, mini market, mlm, pakaian, percetakan, properti, restoran, rumah makan, toko online, tour dan travel, tvi express, warnet atau warung makan, pastikan Anda menerapkan 5 rahasia ini.

Rahasia #1: Kekuatan Karakter

Banyak pebisnis pemula atau mereka yang baru mencoba menjalankan bisnis mengabaikan ini. Kebanyakan mereka bertanya berkaitan bisnis apa yang menguntungkan atau cocok, atau bagaimana menjalan bisnis, dan berbagai masalah teknis termasuk bagaimana mencari modal.

Padahal, seperti ditekankan bahwa kekuatan karakter atau mental adalah fondasi bisnis. Sukses tidaknya sebuah bisnis, ditentukan oleh orangnya, apakah dia memiliki karakter yang kuat atau tidak (cengeng).

Mengharapkan semua jalan mulus dan tidak mau menghadapi kegagalan, kesulitan, kelemahan, dan kesalahan salah satu ciri orang yang karakternya lemah. Dia cepat menyerah jika tidak sesuai yang dia harapkan.

Ciri orang yang memiliki kekuatan karakter adalah jika gagal mereka bangkit, jika salah mereka ambil kesalahan, jika punya kelemahan dia cari solusinya, dan yang penting adalah terus melangkah, tidak mudah menyerah, tidak suka mengeluh, tidak cengeng.

Rahasia #2: FOKUS

Satu lagi yang sangat penting dalam bisnis adalah fokus. Banyak yang mencoba satu bisnis, kemudian dia melihat bisnis lain yang dilakukan orang lain, dia pengen pindah. Istilahnya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Padahal, bukan bisnis apa yang paling penting, tetapi siapa yang menjalankannya. Apakah yang memiliki karakter kuat atau tidak?

Kekuatan karakter sangat berkaitan dengan fokus. Hal ini berkaitan saat seorang pebisnis menemui kesulitan, apakah dia akan fokus pada bisnis itu atau cepat menyerah mencari bisnis yang “mudah”. Apakah dibisnis baru dia akan bertahan dan fokus? Belum tentu. Malah, kembali ke nol lagi.

Tanpa fokus, hampir pasti mustahil untuk berhasil dalam hal apa pun. Jadi, Anda harus memiliki kekuatan tekad untuk fokus pada bisnis Anda.

Kiyosaki dan Trump punya bisnis banyak! Lalu apa yang disebut fokus?

Fokus bukan berarti Anda harus memiliki hanya satu bisnis. Tidak, fokus adalah Anda melakukan satu hal dan satu waktu sampai berhasil. FOCUS itu adalah singkatan dari Follow One Course Untul Succesful. Setelah satu berhasil, Anda bisa melakukan yang lain.

Rahasia #3: Merk

Kadang ada yang bicara, buat apa membangun merk, yang penting langsung menjual agar bisa menghasilkan uang. Ya, jika Anda seorang penjual dan pebisnis kecil, silahkan fokus menjual. Tapi, jika mau besar, siapkan diri Anda membangun merk yang kuat.

Baik Kiyosaki maupun Trump, keduanya pernah bangkrut, tetapi mereka bisa bangkit lagi, salah satunya karena kekuatan merk mereka. Siapa yang tidak kenal merk Trump di USA? Orang sudah percaya dengan kualitas dan kemampuannya, maka dengan mudah membangun bisnis lagi.

Persaingan semakin ketat, pilihan produk akan semakin banyak. Jika Anda tidak memiliki merk yang kuat, Anda bisa kalah dalam persaingan yang lebih luas.

Seorang konsultan pemasaran mengatakan, jika kita memang membutuhkan uang tunai dengan cepat, tidak apa-apa fokus menjual. Tapi, manfaatkan aktivitas menjual sambil membangun merk. Selalu cantumkan merk Anda dalam alat promosi jualan Anda. Selalu!

Rahasia #4: Hubungan atau Relasi

Kadang saya mendapatkan email, SMS, atau inbox di Facebook dari seseorang yang belum saya kenal, tetapi sudah meminta sesuatu dengan bahasa yang kasar dan memaksa. Bahkan, telat menjawab, caci maki mendarat. Ternyata bukan hanya saya, saya suka mengikuti guru-guru bisnis, ternyata mereka juga sama, suka menemukan orang-orang seperti ini.

Kalau saya, tidak pernah menghiraukan orang ini. Teman bukan, bayar tidak, koq sudah meminta, maksa lagi. Padahal, saya sering berbagi kepada teman-teman saya. Mengapa dia tidak berusaha menjadi teman saya? Saya sendiri sama, saya sebelum bertanya kepada seseorang, saya berusaha untuk menjadi teman terlebih dahulu. Atau, jika perlu dan ingin cepat, saya bayar secara profesional.

Hubungan baik atau relasi sangat penting dalam bisnis. Saya melihat dengan mata kepala sendiri, banyak orang yang jauh lebih sukses dibandingkan yang lain bukan karena lebih pintar atau banyak modal, tetapi karena relasinya yang bagus. Dia mudah bergaul, punya banyak teman, punya banyak referensi, dan sebagainya.

“Orang sukses itu harus mau menolong dan berbagi.” Kadang prinsip ini yang dimiliki oleh para pecundang. Benar, semua orang harus mau menolong dan berbagi, tetapi tidak harus kepada Anda. Banyak orang lain yang hubungannya lebih baik yang bisa ditolong.

Jika itu memang prinsip itu yang Anda pegang, kenapa memaksa orang lain? Mulailah Anda yang mau berbagi dan menolong. Orang sukses juga butuh pertolongan, sudahkah Anda mencoba menolongnya? Jika Anda mau menolong mereka, aneh rasanya jika tidak mau menolong Anda.

Rahasia #5: Hal-hal Kecil Yang Berarti

Keunggulan Kompetitif

Jika Anda tidak memiliki keunggulan dalam bisnis Anda, sulit untuk membangun bisnis. Pertanyaanya adalah, mengapa orang membeli kepada Anda bukan kepada orang lain? Jika Anda tidak punya keunggulan, orang akan membeli produk jasa yang lebih unggul dan bukan kepada Anda. Jika tidak ada pembeli, bagaimana bisnis bisa bertahan?

Sementara banyak orang yang mengabaikan hal ini. Mereka menganggap remeh hal ini. Mereka beranggapan yang penting punya produk dan terus menjualnya dengan gencar.

Serius, saya sering melihat orang buka rumah makan dan saya bertanya dalam hati, mengapa saya harus makan disini, kenapa tidak disebelahnya? Banyak yang menawarkan produk di internet, tetapi saya tidak melihat keunggulannya dibandingkan produk pesaingnya.

Artinya, banyak yang menganggap kecil pentingnya keunggulan kompetitif, padahal ini sesuatu yang besar.

Ilmu atau Teori

Saya sering mendengar dan membaca dari orang “hebat”, katanya yang penting action. Saya tidak suka teori, sukanya langsung action. Bla bla bla.

Padahal, dalam agama disebutkan adalah amal ba’da ilmu. Amal itu setelah ada ilmunya. Boleh langsung bertindak tetapi harus sambil mengetahui ilmunya. Artinya, tindakan dan ilmu harus ada keduanya, jangan salah satu saja.

Ada kutipan menarik dari Robert T. Kiyosaki, “Memiliki pengetahuan itu mungkin terkesan seperti hal remeh bagi kebanyakan orang. Kendati demikian, memiliki kekuatan ini adalah hal besar bagi saya.”

Apakah Anda masih berpikir ilmu atau teori itu hal remeh yang patut diabaikan? Jangan!

Memperhatikan Hal Detail

Mmemperhatikan hal detail tidak ada hubungan dengan berpikir besar. Bagaimana pikiran besar Anda, visi besar, tujuan yang hebat, tentu akan memunculkan hal-hal detil yang harus diperhatikan.

Ada pepatah yang mengatakan, “kebocoran kecil bisa menenggelamkan satu kapal.” Artinya jangan sampai ada satu hal yang luput dari perhatian Anda dan menyebabkan bisnis Anda hancur.

Bisa saja, saat customer service Anda selalu menjawab telepon sambil bbm-an, nada suara dan fokusnya akan berbeda. Jika hal ini terjadi, maka bisa saja Anda akan kehilangan banyak pelanggan. Konon, salah satu penyebab bangkrutnya sebuah bisnis karena customer service yang buruk.

Anda pemilik bisnis retail? Pernahkah Anda memperhatikan wajah para pelayan Anda, apakah mereka selalu senyum? Starbuck menjadi kedai kopi ternama gara-gara pelayannya diwajibkan untuk selalu tersenyum. Senyum, hal kecil yang perlu Anda perhatikan.

Dan masih banyak hal kecil lainnya, hal yang detil yang perlu Anda perhatikan untuk kemajuan bisnis Anda.

buku-midas-touch

Buku Midas Touch sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, saya beli di toko buku Gramedia.Tulisan ini berdasarkan buku tersebut, tentu saja plus opini saya pribadi. Untuk lengkapnya, saya rekomendasikan membaca buku ini, jika serius mau bisnis.

Saya juga membuat video, Bisnis Anti Gagal untuk membantu Anda menjalankan bisnis.

Pertanyaan atau tambahan, silahkan tuliskan di komentar.

 

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield