Belajar Membangun Bisnis Kepada Billionaire Eksentrik Elon Musk

Siapa Elon Musk? Dia seorang pengusaha dan insinyur billionaire. Penemu Paypal (kini telah dijual) juga CEO, dan CTO SpaceX; co-founder, CEO, dan perancang produk Tesla Inc.; co-chairman of OpenAI; penemu and CEO of Neuralink. Kekayaan dia saat ini sekitar 15 milyar dollar Amerika.

Salah satu cara belajar kepada orang-orang sukses adalah dengan mempelajari kutipan-kutipan yang mereka katakan. Kutipan itu adalah intisari pola pikir dia. Inti sari prinsip dan intisari strategi. Dan kita bisa bertindak dengan mengambil pelajaran dari apa dikatakan.

Kutipan dan kata mutiara adalah bermanfaat. Tidak akan bermanfaat jika hanya dibaca. Tetapi akan bermanfaat jika kita serap pola pikirnya dan akan memperkaya pemikiran kita. Dan, pikiran kita akan menjadi landasan kita bertindak.

Pikiran yang lebih kaya, lebih berwawasan, dan lebih bijak akan menghasilkan keputusan dan tindakan berkualitas. Semua tindakan Anda berdasarkan pikiran Anda, baik pikiran sadar maupun bawah sadar. Sukses diraih dari tindakan. Tindakan akan diarahkan oleh pola pikir Anda.

Dengan belajar dari kutipan-kutipan orang sukses, artinya kita sedang meningkatkan kualitas pola pikir. Otomatis akan meningkatkan kualitas tindakan. Kualitas tindakan akan mempengaruhi hasil-hasil.

Belajar Membangun Bisnis

Ada banyak kutipan Elon Musk, baik dari bidang bisnis, manajemen waktu, kehidupan pribadi, pandangan, dan sebagainya. Tapi kita akan membahas beberapa kutipan yang berkaitan dengan bisnis.

Perusahaan Besar Dibangun dengan Produk Hebat

Ini adalah salah satu ide Elon Musk. Artinya jika Anda ingin membangun perusahaan besar atau dengan kata lain bisnis yang sukses, maka pikirkan produk yang hebat. Disinilah pentingnya sebuah inovasi dalam bisnis. Inovasi yang akan menghasilkan produk hebat.

Kenapa? Karena cara mudah menjual produk adalah jualah produk yang mudah dijual. Produk hebat salah satunya adalah produk yang mudah dijual yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Mungkin produk biasa, tetapi lebih baik dibandingkan dengan produk yang sudah ada.

Intinya adalah bagaimana masyarakat begitu tertolong dengan adanya produk Anda. Produk Anda harus menjadi solusi yang dinantikan. Harus menjadi solusi dimana masyarakat begitu kangen dan tergantung dengan produk Anda.

Memang, nyatanya tidak mudah. Maka carilah terus. Saya terus mencari. Orang-orang sukses terus mencari. Termasuk pendiri Apple Steve Jobs selalu mencari ide membuat produk hebat.

Sebenarnya, saya sudah membahasnya di Video Bisnis Anti Gagal, salah satu cara agar bisnis Anda tidak gagal adalah temukan ide bisnis brilian. Ide bisnis brilian, akan memudahkan Anda menjalankan bisnis. Itu juga yang saya pelajari di buku Strategi Meraih 1 Miliar Pertama dari Facebook dan Toko Online, katanya pemilihan produk yang tepat menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah toko online.

Produk memang bukan segala-galanya, artinya hanya dengan produk hebat sudah cukup. Tidak sama sekali. Anda tetap harus melakukan hal lainnya seperti pemasaran yang hebat juga. Pemasaran yang hebat akan jauh lebih mudah jika menjual produk hebat.

Membangun Perusahaan Seperti Membuat Kue

Apa? Seperti membuat kue?

Ya. Katanya, jika Anda mencoba membangun perusahaan, itu seperti membuat kue. Anda harus mempunyai semua bahan bakunya dengan proporsi yang tepat.

Saya lihat ada 2 poin penting disini. Pertama harus punya semua bahan baku. Kedua proporsi yang tepat. Dan saya punya tambahan dari ibu mertua saya, kualitas bahan baku akan menentukan kualitas kue. Jadi ingin kue enak? Pesen saja ke ibu mertua saya, he he.

Produk adalah bahan baku utama pertama. Pemasaran adalah bahan baku utama kedua. Masih banyak bahan baku yang lainnya, termasuk sumber daya manusia, sistem, legal, aset, dan sebagainya yang disesuaikan dengan perusahaan yang mau Anda bangun.

Pertanyaanya, lalu bagaimana jika tidak punya semua bahan baku tersebut? Itu adalah tugas kita, untuk mengumpulkan, membuat, atau membangun bahan baku yang diperlukan. Setahap demi setahap. Gunakan dulu yang ada, meski seadanya.

Kemudian kembangkan sampai menjadi perusahaan yang kokoh dengan melengkapi semua bahan baku yang sesuai proporsinya dan berkualitas. Yang penting, sejak awal kita sudah punya tujuan dan rencana yang jelas. Jika “bahan baku”nya sudah jelas sejak awal, maka langkah Anda sudah jelas untuk mengumpulkannya.

Tidak Apa-apa Gagal

Katanya, “Kegagalan adalah sebuah pilihan. Jika sesuatu tidak gagal, Anda kurang cukup berinovasi.”

Buatlah inovasi untuk menghasilkan produk hebat. Mungkin akan gagal. Tidak masalah, kegagalan adalah bagian dari proses inovasi. Bahkan jika usaha Anda tidak gagal, bisa jadi inovasi Anda masih kurang. Ide Anda masih biasa-biasa saja.

Ada Sistem Umpan Balik

Adalah sangat penting memiliki umpan balik yang terus-menerus, dimana Anda secara konstan memikirkan apa yang sudah Anda kerja dan bagaimana melakukannya lebih baik.

Harus ada sistem umpan balik, terutama tentang produk dan layanan. Juga dalam hal pekerjaan. Dengan umpan balik, pekerjaan kita bisa kita lakukan lebih baik.

Sabar Itu Penting

Sabar adalah kebajikan dan saya belajar sabar. Ini pelajaran yang berat.

Dalam bisnis, sering kali kita perlu bershabar menunggu hasil, menghadapi kegagalan, menghadapi kesulitan, dan sebagainya. Menyerah adalah gagal. Hanya orang yang tidak sabaran yang mudah menyerah alias akan gagal.

Kesabaran adalah salah satu kualitas penting yang harus dimiliki oleh pengusaha. Sebenarnya untuk hidup, kita memang harus sabar, bukan hanya usaha.

Berkontribusi Bagi Dunia

Dia tidak sekedar mencari uang. Dia memiliki motivasi untuk memberikan impak yang berarti bagi dunia.

Sekarang, apa cita-cita Anda untuk dunia? Kontribusi apa yang ingin Anda berikan kepada dunia? Bagaimana bisnis Anda memberikan manfaat positif bagi lingkungan sekitar kita?

Minimal sudah mengurangi pengangguran. Tapi bukan hanya itu, kita bisa memikirkan dampak lain, seperti dampak lingkungan di dunia dan di akhirat.

Bekerja 100 Jam

APA? 100 jam? Capek donk, apa tidak berlebihan?

Dengan bekerja 100 jam (sementara orang lain hanya 40 jam), maka Anda bisa cepat menghasilkan. Itu yang dia lakukan selama 15 tahun.

Tapi kita kan harus bla bla bla. Betul. Jangan sampai karena kita sibuk berbisnis, kehidupan ruhiah, sosial, cinta, keluarga, dan kesehatan menjadi berantakan. Saya setuju itu. Kita tidak harus seperti itu sampai 100 jam per minggu.

Namun yang ingin saya sampaikan disini adalah semangat kerja kerasnya. Jika Anda mau sukses, kerja keras mutlak diperlukan. Dia saja yang katanya jenius bekerja 100 jam (sekitar 14 jam sehari). Artinya, terlepas seberapa hebat Anda, jika mau sukses maka kerja keraslah semampu Anda tanpa mengorbankan aspek kehidupan yang lain.

Tim Ferris mengajarkan kerja 4 jam seminggu. Sementara Musk bekerja selama 100 jam per minggu. Bertolak belakang sekali. Adalah hak Anda mau memilih yang mana, yang penting produktivitas Anda harus cukup membuat Anda sukses. Saya lebih menitik beratkan ke produktivitas, bukan lamanya bekerja.

Sebenarnya dengan memperbaiki cara kerja kita dan apa saja yang kita kerjakan, produktivitas kita bisa melejit berkali-kali lipat. Jika Anda mau tetap bekerja 40 jam per minggu tetapi dengan hasil 2 sampai 4 kali dibandingkan kebanyakan orang, maka Anda harus belajar cara meningkatkan produktivitas.

Bagaimana caranya? Saya memiliki 10 jurus yang bisa meningkatkan produktivitas Anda. Minimal salah satu jurus Anda kuasai, produktivitas Anda akan meningkat. Kesepuluh jurus itu saya jelaskan di ebook Revolusi Waktu.

Kesimpulan

Berikut adalah ide-ide atau pola pikir yang bisa Anda adaptasikan pada diri Anda agar bisnis Andalebih sukses lagi:

  1. Buat atau Cari Produk Hebat
  2. Belajar tentang bisnis, agar mengetahui resep suksesnya kemudian Anda kumpulkan bahan bakunya
  3. Jangan takut gagal untuk mencoba ide baru
  4. Ada sistem umpan balik untuk memperbaiki diri terus-menerus
  5. Bershabarlah
  6. Punya motivasi untuk berkontribusi pada dunia
  7. Bekerja keras dan/atau bekerja lebih produktif

Selamat mencoba, semoga Anda dan juga saya menjadi pebisnis sukses. Hikmah datang dari mana saja dan kita boleh mengambil hikmahnya. Hikmah selalu positif.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield