7 Rahasia Agar Konsisten Dalam Bertindak Untuk Meraih Tujuan Anda

Sebenarnya mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk meraih tujuan Anda, bukanlah bagian tersulit. Saat Anda sudah menetapkan tujuan Anda dan sudah mengetahui apa yang harus Anda lakukan setiap hari untuk meraihnya, maka selanjutnya adalah bagaimana memastikan diri agar konsisten bertindak.

Meraih tujuan, apalagi tujuan besar akan membutuhkan perjalanan panjang. Tidak akan tercapai tujuan Anda jika Anda tidak terus konsisten melangkah. Akan lebih baik konsisten melakukan tindakan kecil, dari pada melakukan tindakan besar namun jarang atau hanya sekali-kali.

Karena tindakan adalah fondasi semua kunci sukses.

agar konsisten bertindak
Tindakan adalah kunci fondasi semua sukses.

Tetapi Bukan Asal Bertindak

Tapi tentu bukan sembarang tindakan, tetapi tindakan yang benar yang dilakukan dengan konsisten dilakukan setiap hari (sebuah sistem). Langkah harus terus terayun. Roda harus terus berputar. Hanya dengan itu, kita akan sampai ke tujuan kita.

Sukses adalah melakukan hal-hal yang benar cukup lama sampai meraih tujuan Anda.

Anggaplah Anda sudah memahami pentingnya sistem dan Anda juga sudah mengetahui cara membuat sistem untuk meraih tujuan Anda. Sekarang Anda sudah mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang harus dilakukan setiap hari.

Maka selanjutnya adalah ambil tindakan setiap hari sesuai dengan sistem yang sudah Anda buat. Lupakan tujuan, fokus pada sistem. Fokus bagaimana agar Anda bisa menjalankan sistem secara konsisten.

Anda harus konsisten menjalankan sistem, maka tujuan Anda akan tercapai.

Success isn't always about 'greatness'. It's about consistency. Consistent hard work gains success. Greatness will come. - Dwayne Johnson

Tapi Konsisten Itu Susah! Ini Rahasianya

Rahasia Pertama: Keinginan Anda Harus Menggerakan Anda

Keinginan adalah motivasi. Saat Anda punya keinginan, harusnya bisa menggerakan Anda supaya bertindak. Saat Anda haus, Anda langsung mengambil gelas dan mengisinya dengan air kemudian minum. Bagaimana jika Anda haus dalam perjalanan?

Mungkin ada yang menahannya sampai di rumah. Namun saat haus Anda tidak tertahankan, maka Anda akan memiliki dorongan besar bagaimana caranya agar bisa minum. Jika ada uang, Anda akan mencari penjual minuman. Atau Anda akan mempercepat pulang.

Jika sebuah keinginan belum menggerakan Anda, mungkin keinginan Anda terlalu kecil. Dorongannya kalah oleh rasa malas dan enggan. Anda pun tidak bertindak.

Sebenarnya, selalu ada keinginan besar pada setiap manusia. Namun banyak diantara mereka yang melupakannya entah sengaja atau tidak. Maka sekarang, saatnya Anda untuk menggali apa keinginan Anda itu. Carilah keinginan yang benar-benar menggetarkan Anda.

Jack M. Zufelt menyebutnya dengan istilah DNA Sukses. Inti sari dari sukses ada pada keinginan yang kuat. Jika keinginan Anda kuat, Anda akan bergerak. Jika tidak mengetahui caranya, Anda akan mencari tahu. Jika ada halangan, Anda akan mengatasinya.

Ketika Anda ingin sukses seperti Anda ingin bernafas, maka Anda akan sukses.

Rahasia Kedua: Keyakinan Yang Mantap

Yang pertama adalah keyakinan terhadap sukses itu sendiri. Artinya Anda harus yakin bahwa tujuan Anda bisa diraih. Cirinya tujuan yang bisa diraih adalah tujuan yang pernah diraih oleh manusia (kecuali para Nabi). Jika orang lain bisa mencapai pencapaian itu, maka Anda pun bisa.

Jika Anda tidak yakin tujuan itu bisa dicapai, maka motivasi atau dorongan Anda akan lemah. Yakinlah bahwa Anda akan sukses, maka tindakan akan mengikuti.

Dalam banyak proyek, faktor yang paling penting adalah keyakinan akan sukses. Tanpa keyakinan, sukses adalah tidak mungkin.

Yang kedua adalah keyakinan akan diri sendiri atau istilah lain adalah percaya diri. Anggaplah Anda yakin bahwa tujuan Anda bisa dicapai, tapi jika Anda merasa tidak sanggup, merasa tidak layak, maka Anda tidak akan meraih tujuan tersebut.

Biasanya kepercayaan diri akan turun saat terjadi kegagalan atau butuh waktu lama untuk meraihnya. Percayalah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses. Semua orang yang sukses, pernah mengalami kegagalan, jadi bukan berarti Anda tidak mampu. Kegagalan adalah biasa.

Begitu juga dengan waktu. Hampir semua sukses besar akan membutuhkan waktu lama untuk meraihnya. Jadi ini hanya masalah proses, bukan masalah Anda mampu atau tidak. Teruslah bertindak.

Percaya Diri dan kerja keras selalu menghasilkan sukses.

Rahasia Ketiga: Selalu Mampu Membangkitkan Motivasi Saat Turun

Kadang, ada saja saat kita sedang berusaha meraih tujuan, motivasi tiba-tiba turun bahkan hilang. Kemudian kita menghentikan tindakan kita. Ada banyak penyebabnya, yang pada intinya adalah ada masalah baik di pikiran maupun perasaan Anda.

Anda harus mencari cara untuk segera mengembalikan motivasi tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengingat keinginan atau tujuan Anda. Namun kadang ada, masalah-masalah “kecil” yang kadang merusak motivasi Anda.

Di video saya, Instant Motivation Weapon, saya banyak membahas bagaimana caranya mengatasi hal-hal kecil perusak motivasi tersebut. Pada intinya adalah dengan memperbaiki perasaan dan cara kita berpikir, motivasi itu akan kembali.

Rahasia Keempat: Mulailah Dengan Yang Kecil

Anda perlu membangun momentum untuk melakukan hal-hal besar secara konsisten. Akan sulit, termasuk bagi saya untuk melakukan langsung hal-hal besar secara konsisten. Maka mulailah dengan hal yang kecil.

Sebagai contoh, mulailah dengan konsisten tidur lebih cepat. Anda bisa mulai dengan setengah jam lebih cepat. Jika selama ini biasa tidur jam 12 malam, maka mulailah mencoba 11:30 malam. Hanya beda setengah jam, apa susahnya. Setelah terbiasa, kurangi setengah jam lagi. Terus bertahap, dan nanti tidur dibawah jam 9 malam pun jadi mudah.

Membiasakan tidur lebih awal sepertinya adalah hal kecil. Tapi ini bisa menjadi momentum perubahan lainnya. Misalnya bangun lebih awal, bisa shalat shubuh ke masjid berjamaah dan bisa shalat tahajud dengan rutin. Berangkat kerja tidak kesiangan dan dalam mood yang positif.

Jika mood kerja Anda positif, Anda bekerja lebih produktif. Orang-orang lebih menyukai Anda begitu juga dengan atasan. Jangan kaget jika tiba-tiba Anda mendapatkan promosi. Semuanya gara-gara dengan mengubah waktu tidur setengah jam lebih awal.

Jangan anggap enteng dengan membangun kebiasaan kecil yang positif. Itu akan berdampak. Sementara kebiasaan kecil lebih mudah dilakukan secara konsisten dibanding langsung mengerjakan hal-hal besar.

Saya bisa menulis artikel ribuan kata per hari, karena saya dulu memulainya dengan seratusan kata per hari yang saya lakukan dengan konsisten.

Rahasia Kelima: Fokus Pada Sistem Atau Proses

Ada yang mengatakan: nikmati proses. Betul, nikmati proses Anda. Nikmati perjalanan Anda. Saat Anda sudah menetapkan tujuan, kemudian sudah merancang sistem untuk meraih tujuan, maka nikmati proses menjalankan sistem.

Jangan terintimidasi dengan tujuan. Kita sedang berjalan mengarah ke tujuan Anda. Nikmati saja proses, kita akan sampai.

Artinya kita perlu bershabar dalam proses, jangan buru-buru ingin berhasil yang malah akan menjadikan Anda menyerah. Semua butuh proses, semua butuh waktu.

Rahasia Keenam: Ambil Tanggung Jawab

Ambillah tanggung jawab, bahwa semua hasil itu karena Anda. Keberhasilan Anda adalah tanggung jawab Anda. Jika Anda berhenti kemudian gagal, itu tanggung jawab Anda. Bukan salah orang lain, bukan salah keadaan.

Orang yang tidak bertanggung jawab akan mudah menyerah karena dia akan lebih mudah beralasan dan menyalahkan orang lain atau keadaan. Sukses adalah tanggung jawab Anda, bukan orang lain.

Rahasia Ketujuh: Dorong Diri Anda Meski Tidak Suka

Sering kali, Anda kehilangan konsisten karena bosan, lelah, jenuh, dan sebagainya. Refreshing boleh-boleh saja. Tapi, yang bahaya adalah ada kecendrungan refreshing terus-menerus yang mengikis habis waktu untuk melakukan yang semestinya.

Kecendrungan kita tidak menyukai apa yang kita lakukan, apalagi dalam jangka panjang itu mungkin ada. Bahkan sangat sering terjadi. Juga saat memulai, ada rasa enggan yang menghambat kita untuk bertindak.

Akhirnya, setiap kita mau bertindak, secara tidak sadar kita mencari pengalihan yang lebih nyaman atau lebih menyenangkan. Awalnya berniat hanya sebentar, kemudian keterusan dan membentuk sebuah pola.

Jika Anda begitu sulit melakukan langkah pertama atau tidak bisa konsisten dengan tindakan Anda, sangat mungkin, dalam kepala Anda sudah terbentuk sebuah pola pengalihan. Jika pola ini sudah kuat, Anda akan cendrung pada dua hal racun sukses ini: malas dan suka menunda-nunda.

Caranya adalah dengan “memaksakan” membentuk pola baru dalam pikiran Anda. Pola baru ini akan menghapus pola lama yang negatif. Caranya dengan memaksakan diri atau mendorong diri (pushing yourself) melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan (bisa dimulai dengan kebiasaan kecil).

Jujur saja, Anda mungkin akan merasakan tidak suka, karena pikiran Anda sudah memiliki kecendrungan melakukan hal lain yang disukai. Tapi Anda harus memaksakannya, jika tidak, pola negatif itu akan terus berada dalam diri Anda.

Tidak ada solusi semalam untuk perubahan jangka panjang. Anda harus membangun sebuah kebiasaan mendorong diri sendiri untuk bertindak saat Anda tidak menyukainya.

Jangan ikuti rasa enggan, malas, dan bosan itu. Dorong diri Anda untuk terus bertindak sampai terbentuk sebuah pola positif pada diri Anda.

Penutup

itulah ketujuh rahasia yang akan menjadikan Anda konsisten bertindak sampai Anda meraih tujuan Anda. Idealnya, ketujuh rahasia itu ada pada diri Anda. Sangat mungkin Anda sudah memilikinya sebagian, sekarang tinggal menambahkannya.

Semakin banyak rahasia itu terinstall dalam diri Anda, akan semakin konsisten Anda dalam bertindak.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield