Cara Cepat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Cara Cepat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dimulai Dengan Motivasi Yang Kuat

Cara Cepat Menumbuhkan Rasa Percaya DiriAnda ingin percaya diri, tujuan untuk apa? Semakin kuat motivasi Anda ingin percaya diri, akan semakin cepat Anda meningkatkan percaya diri Anda. Coba evaluasi dan perkuat, apa alasan Anda mengapa ingin percaya diri. Ok, kita akan membahas cara-cara menumbuhkan rasa percaya diri nanti, tapi langkah awal, sebagai fondasi, kita harus memperkuat motivasi kita.

Mengapa Harus Percaya Diri?

Kadang, kita hanya selintas melihat manfaat sesuatu, termasuk percaya diri. Banyak yang berpikiran, percaya diri hanya berhubungan dengan pergaulan dan tampil di depan umum, seperti berbicara, berpidato, dan sebagainya. Ya, tentu saja, itu adalah bagian dari manfaat memiliki rasa percaya diri tinggi, tetapi manfaatnya sebenarnya, jauh lebih banyak dari itu.

Percaya diri adalah bagian dari modal sukses. Apa pun profesi Anda, percaya diri itu sangat penting. Bukan hanya dibutuhkan oleh sales, pembicara, atau seniman saja. Saya katakan, apa pun profesi Anda, keberhasilannya ditentukan oleh kepercayaan diri Anda. Jika ingin lebih sukses, tingkatkan percaya diri Anda.

Senjata Para Raja

Apa senjata para raja? Senjata itu adalah kemampuan komunikasi. Dalam segala aspek kehidupan, komunikasi sangat penting. Termasuk dalam bisnis, komunikasi sangat penting. Menjual butuh berkomunikasi, membangun jaringan membutuhkan komunikasi, dan juga dalam bekerja sama, komunikasi menjadi sangat penting.

Bagi orang yang tidak percaya diri atau minder, komunikasi menjadi sebuah hal yang sulit. Bukan bagaimana cara belajar komunikasi, tetapi yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membangun rasa percaya diri terlebih dahulu.

Saat saya belajar public speaking, justru sebagian besar isi pelatihan adalah tentang membangun rasa percaya diri. Masalah teknik dibahas kemudian. Teknik komunikasi akan percuma jika landasi oleh rasa percaya diri yang tinggi.

Percaya diri ==> komunikasi lebih baik ==> peluang, kerja sama, dan penjualan lebih baik.

The Power of Trust

Hal penting kedua, untuk sukses Anda perlu memiliki trust atau kepercayaan dari orang lain. Mungkin Anda pernah mendengar, jika anda sendiri tidak percaya kepada diri sendiri (percaya diri), mengapa berharap orang lain mau percaya kepada Anda?

Jika orang lain tidak percaya kepada,

  • bagaimana mereka akan memberikan job atau proyek yang besar?
  • bagaimana mereka akan memberi Anda jabatan yang tinggi?
  • bagaimana mereka mau menginvestasikan modal kepada Anda?
  • bahkan, bagaimana mereka akan merekrut Anda?

Langkah awal untuk mendapatkan kepercayaan orang lain adalah dengan percaya diri terlebih dahulu. Kepercayaan diri Anda bisa “mencuri” hati orang lain. Bahkan, seorang atasan yang meragukan anak buahnya bisa berubah menjadi percaya saat anak buahnya percaya diri meminta tugas yang besar dan menyelesaikannya dengan baik.

Anda akan sulit mendapatkan kepercayaan investor, jika Anda tidak percaya diri akan mampu mengemban amanah investasi. Bahkan, lebih parah lagi, jika tidak percaya diri, Anda tidak akan pernah meminta modal, dan jika tidak pernah meminta, Anda tidak akan mendapatkan.

Awali dengan percaya diri, kemudian dapatkan kepercayaan dari orang lain, kemudian pelihara kepercayaan itu. Peluang akan berdatangan kepada Anda jika Anda cukup dipercaya. Untuk itulah, saya menyebutkan bahwa percaya diri adalah membuka pintu keberlimpahan.

Percaya Diri Mengoptimalkan Potensi Diri

Jika Anda naik sebuah kendaraan, kemudian Anda percaya kecepatan kendaraan Anda tidak bisa lebih dari 40 km/jam, maka selamanya Anda melajau dibawah 40 km/jam. Padahal, kendaraan Anda bisa mencapai kecepatan 120 km/jam. Anda menyia-nyiakan potensi kecepatan kendaraan Anda.

Begitu juga dengan diri Anda. Jika Anda tidak percaya diri untuk melakukan hal-hal besar karena menganggap diri tidak mampu, bisa jadi Anda menyia-nyiakan potensi yang dimiliki. Sayang bukan? Anda bisa saja jauh lebih baik jika lebih percaya diri.

Saat Anda dengan percaya diri yang kuat mengatakan, “Saya  bisa!”, maka akan LEBIH banyak hal yang BISA anda lakukan dibandingkan orang yang tidak percaya diri. Jika lebih banyak mencoba, bertindak, atau bekerja, bukankah keberuntungannya akan berbeda dibandingkan orang yang diam saja karena tidak percaya diri?

Ya, ini berkaitan dengan kepercayaan diri dalam melakukan sesuatu. Semakin percaya diri, akan semakin banyak yang Anda lakukan dan dengan kualitas yang semakin baik.

Percaya diri ==> potensi optimal ==> hasil optimal.

Cara Menghilangkan Rasa gak Percaya Diri

Langkah pertama cara menumbuhkan rasa percaya diri itu ialah dengan menghilangkan rasa gak percaya diri. Artinya menghilangkan apa yang menyebabkan Anda tidak percaya diri.

Apa penyebab Anda tidak percaya diri?

Pertama, jika penyebab rasa gak percaya diri adalah masalah fisik, seperti wajah, warna kulit, kendaraan, aksesoris, pakaian dan sebagainya, maka yang harus Anda camkan adalah “itu semua hanya persepsi saja”.

Anda bisa dengan cepat menumbuhkan rasa percaya diri saat menerima bahwa semua orang itu adalah sama. Kekurangan masalah fisik tidak pernah merendahkan seseorang. Miskin atau kaya, sama saja di mata Allah. Warna kulit, kesempurnaan fisik juga tidak membedakan manusia.

Adalah … anggapan saja yang mengatakan “kita” lebih rendah dibandingkan orang lain. Sama, sama, sama, ….

Ketiga, Anda merasa percaya diri karena ‘tidak mampu”.

Pertanyaanya, memangnya orang lain yang hebat-hebat itu mampu melakukan semuanya? Tidak … bagaimana pun hebatnya mereka, pasti ada hal lain yang tidak mampu. Selain itu, dia dulunya sama dengan Anda, tidak mampu juga. Sekarang dia hebat karena sudah berlatih atau sudah berpengalaman.

Anda tidak perlu rendah diri karena tidak mampu. Yakinlah Anda AKAN bisa jika mau belajar, berlatih, dan mencoba. Anda bisa sehebat mereka.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan memaksakan pada satu bidang tertentu. Bisa jadi minat Anda bukan disana. Pilih saja bidang sesuai dengan minat Anda dan jadilah hebat disana.

Anda bisa, jika mau. Tidak perlu rendah diri.

Cara Meningkatkan Percaya Diri Didepan Orang Banyak

Cara percaya diri di hadapan orang banyak pada dasarnya adalah sama. Saat Anda memiliki mindset “kesamaan” dan “bisa asal mau belajar”, maka rasa rendah diri tidak perlu lagi ada. Termasuk di depan banyak orang. So what gitu loh dengan banyak orang? Mereka terlalu sibuk untuk memikirkan diri mereka, belum tentu mereka akan menilai Anda.

Kalau ada yang mengejek atau menghina Anda, percayalah dia merasa terancam oleh Anda karena sebenarnya dia merasa lebih jelek, sehingga berusaha menjatuhkan Anda. Jadi jangan dengar orang yang menghina Anda.

Tentu saja, bicara sich mudah, pada kenyataannya perlu proses. Untuk membangkitkan, menumbuhkan, dan meningkatkan percaya diri, apa lagi di depan umum, memerlukan proses tertentu. Anda bisa, membangun kepercayaan diri dengan mengubah mindset dan pembuktian diri.

Cara meningkatkan percaya diri saat berbicara di depan umum juga sama saja. Bedanya Anda berbicara, semua orang terpusat kepada Anda. Ini menakutkan memang. Tapi, setelah Anda jalani, ternyata tidak seseram yang dibayangkan. Mungkin deg-degan, tetapi sesaat berlalu semua akan hilang.

Sekali lagi, cara agar percaya diri bicara di depan umum akan memerlukan proses. Saya tidak akan menjanjikan Anda akan langsung percaya diri seratus persen saat percobaan pertama dengan mengubah mindset saja. Tidak. Semua butuh proses dan penumbuhan di dalam pikiran Anda dan perilaku Anda.

Kabar baiknya, meski tidak instant, tetapi tidak lama. Yang lama adalah jika Anda lama memulainya. Benih percaya diri sebenarnya ada pada diri setiap orang, termasuk Anda. Kemudian, Anda perlu menumbuhkannya.

Langkah pertama adalah pengkondisian mindset. Seperti benih, bisa saja tidak tumbuh pada tempat atau media yang tidak mendukung. Tidak semua tanah bisa menumbuhkan benih. Tapi harus dikondisikan dulu.

Sama hal dengan diri Anda, langkah pertama agar percaya diri adalah mengkondisikan mindset, mental, atau pola pikir Anda. Cara bisa Anda pelajari di video The Confidence Secret. Dalam video ini mindset rendah diri akan diubah menjadi mindset percaya diri dan ada program 21 hari untuk mengokohkan mindset itu dalam diri Anda.

Setelah itu, mulai tumbuh kembangkan kepercayaan diri Anda dengan lebih banyak mencoba dan pembuktian diri.

Untuk mendapatkan video The Confidence Secret, silahkan buka link ini. Saya sangat merekomendasikan video ini. Jika Anda orang tua, bisa Anda ajarkan kepada anak-anak Anda agar mereka tumbuh dengan percaya diri.

Ada pertanyaan? Silahkan melalui form komentar.

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield