Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

Apa Yang Dimaksud Memulai Bisnis Dari Nol?

Kebanyakan orang berpikir, memulai bisnis dari nola adalah memulai bisnis dengan modal nol. Tapi, sebenarnya bukan hanya modal yang nol. Jika Anda masih bingung mau bisnis apa dan bingung mulai dari mana, artinya Anda masih nol.

Memulai bisnis dari nol yang pertama adalah tidak memiliki modal. Artinya tidak memiliki uang yang bisa digunakan untuk modal bisnis. Anda termasuk? Banyak yang mengatakan bahwa dia ingin bisnis tapi “terkendala” modal.

Apakah Anda termasuk? Kita akan bahas, bagaimana memulai bisnis saat Anda tidak memiliki modal uang untuk usaha.

Memulai usaha dari nol juga bisa berarti saat Anda tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dan mau bisnis apa. Mungkin Anda punya modal atau tidak.

Jadi, memulai berwirausaha dari nol biasanya terdiri dari 3 hal ini:

  1. Tidak punya modal uang
  2. Tidak mengetahui harus bisnis apa
  3. Tidak mengetahui mulai dari mana

Satu Solusi Untuk 3 Masalah Ini

Apa pun masalah Anda, salah satu atau bahkan ketiganya, solusinya hanya satu. Sayangnya, mengapa satu solusi tidak disadari karena bisa jadi akibat pengaruh doktrin yang salah. Yaitu doktrin yang mengatakan, yang penting action, yang penting praktek, tidak usah banyak teori.

Jadi, solusinya teori?

Lebih tepatnya adalah ilmu. Segala sesuatu membutuhkan ilmu. Ilmu sebelum amal, ilmu sebelum bertindak. Anda boleh saja jado bertindak. Pertanyaannya mau bertindak apa?

Bagaimana pun hebatnya Anda bertindak, jika tidak mengetahui mau bertindak apa da bagaimana cara bertindak, semua bisa menjadi percuma.

Jadi cara memulai bisnis dari nol adalah dengan belajar atau menuntut ilmu. Kenapa?

  1. Saat Anda tidak memiliki modal, artinya Anda belum punya ilmu cara mendapatkan modal.
  2. Saat Anda tidak mengetahui mau bisnis apa, artinya Anda tidak memiliki ilmu bagaimana cara melihat, mencari, dan menangkap peluang. Peluang itu banyak, tapi karena Anda tidak memiliki ilmunya, seolah peluang itu tidak ada.
  3. Saat Anda tidak mengetahui mau mulai dari mana, artinya Anda tidak mengetahui ilmu tahapan menjalankan bisnis.

Kunci Mendapatkan Tiga Ilmu Penting Ini

Lucunya, saat saya memberitahu tentang pentingnya ketiga ilmu ini, mereka langsung mendesak saya.

  1. Bagaimana cara mendapatkan modal?
  2. Bagaimana agar mampu melihat dan menangkap peluang?
  3. Bagaimana cara memulai bisnis?

Bukan saya tidak mau menjawab. Saya bisa menjawabnya, tetapi panjang lebar dan membutuhkan praktek serta mencoba. Poin yang saya ingin sampaikan adalah kebanyakan orang malas. Saat ditunjukan apa kebutuhannya, mereka berharap saya juga langsung menyediakan kebutuhan dia dihadapannya. Istilahnya disuapin.

Jadi kunci terpenting yang perlu Anda miliki adalah kemaun. Kemauan anda untuk belajar atau menuntut ilmu. Kemudian Anda mencobanya. Jika gagal, belajar lagi, coba lagi.

Disini bisa kita lihat, bahwa kunci memulai bisnis dari nol adalah memiliki kemauan untuk mempelajari dan mempraktekan apa yang dipelajarinya.

Dengan memiliki kemauan, Anda akan mengetahui cara mendapatkan modal, cara mendapatkan peluang, dan cara memulai bisnis.

Sehingga pertanyaanya adalah apakah Anda memiliki kemauan untuk belajar atau menuntut ilmu? Atau hanya ingin disuapin, berharap ada orang yang membawa solusi ke hadapan Anda.

Anda Akan Menemukan Jalan

Jika saat ini merasa bingung. Bingung mendapatkan modal, bingung mulai dari mana, dan bingung bisnis apa. Artinya saatnya Anda memiliki kemauan atau tekad yang kuat untuk belajar. Setelah Anda belajar, Anda akan menemukan jalan.

Yang perlu Anda ketahui adalah belajar itu butuh proses. Perlu kesabaran untuk menguasai ilmu tertentu. Saya dan orang-orang yang bisa berbisnis karena sudah melalui proses panjang sampai bisa. Bukan hanya dengan membaca beberapa artikel, kemudian langsung bisa.

Disinilah masalahnya. Banyak para pemula yang berharap cara instan langsung bisa. Tidak mau melalui proses panjang. Padahal itulah jalan yang harus Anda lalui.

Jadi bersiaplah berproses. Anda belajar, banyak membaca, banyak mendengarkan. Kemudian Anda mempraktekan apa yang Anda pelajari, kemudian Anda gagal, kemudian mencoba lagi, belajar lagi.

Itulah yang dilalui oleh orang-orang sukses. Mereka tidak langsung sukses, mereka berproses, mereka juga jatuh bangun.

Saat orang sukses butuh modal bisnis. Dia akan mencari modal itu. Jika tidak mengetahui cara mencarinya, mereka aka belajar cara mendapatkan modal. Mereka gagal, tapi mereka mencoba lagi, sampai berhasil.

Kuncinya adalah kemauan untuk terus berusaha sampai menguasai kemampuan yang dibutuhkan. Bukan berharap ada seseorang yang akan menyuapinya.

Begitu juga, ada ilmu melihat, mencari, menemukan, dan menangkap peluang. Jika Anda bingung mau bisnis apa, Anda perlu belajar ilmu ini. Anda perlu memahami bagaimana melihat pasar, apa yang mereka butuhkan, dan disanalah peluang bisnis hadir.

Setelah menemukan peluang. Tidak ada jaminan akan langsung berhasil. Anda perlu mencoba. Jika gagal mungkin peluang yang kurang baik, atau caranya yang kurang tepat.

Anda perlu belajar lagi. Mencoba lagi dan seterunya. Memang seperti itulah perjalanan bisnis.

Bagaimana cara memulai bisnis? Apa harus dilakukan terlebih dahulu. Ini juga ada ilmunya. Tidak serumit apa yang Anda pikirkan. Kecuali Anda mau memulai bisnis besar, tentu ada urutan memulai bisnis lebih kompleks. Tapi untuk usaha kecil, tidak serumit yang Anda kira.

Sama dengan yang lainnya. Tidak ada metode apa pun yang dijamin berhasil. Anda mungkin akan mencoba, memperbaiki, belajar lagi, dan mencoba lagi.

Bisnis memang berproses. Jika Anda berharap cara instan dan jaminan akan berhasil, mungkin Anda tidak cocok untuk berbisnis. Jika Anda memutuskan ingin berbisnis, Anda harus memiliki kemauan yang kuat. Kemauan belajar, kemauan mencoba, dan kemauan bangkit lagi saat gagal.

Ingat pepatah ini, perjalanan 1000 miles, diawali dengan 1 langkah.

1 langkah

Mudah-mudahan artikel ini memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin mengetahui cara memulai bisnis dari nol.

38 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield