Cara Menjadi Orang Sukses Ala Pendiri Apple

Mau tau cara menjadi orang sukses?

Hati-hati, kadang banyak orang termasuk trainer dan motivator yang salah kaprah.

Ada sebuah kutipan singkat dari pendiri Apple, Steve Jobs, jika Anda mengikutinya, Anda akan sukses.

Siapkan diri untuk membuka pikiran, mungkin pemikiran ini berbeda dengan kebanyakan orang.

Mungkin, Anda akan menolaknya.

Kosongkan gelas, open your mind, agar Anda bisa menerima cara menjadi orang sukses ini.

Cara Menjadi Orang Sukses Adalah tetap Lapar Tetap Bodoh

cara menjadi orang sukses

Stay hungry. Stay foolish – Steve Jobs

Apa maksudnya lapar?

Apa maksudnya bodoh?

Yuk kita bahas.

Cara Menjadi Orang Sukses Itu Tetap Lapar, Maksudnya Ini …

Lapar itu adalah ingin makan. Lapar adalah memiliki keinginan yang kuat untuk makan. Namun tentu kita memahami bahwa apa yang dimaksud oleh Jobs adalah sebuah kiasan. Bukan perut yang lapar, tetapi pikiran kita yang lapar.

Ada kata “tetap” (stay) artinya Anda tetap dalam keinginan itu. Anda tetap mencari, tetap meraih, tetap berusaha, tidak mudah puas, dan terus mendorong diri.

Jika Anda mau menjadi orang sukses, jangan pernah merasa kenyang dalam ilmu maupun pengalaman. Berhenti belajar adalah langkah awal untuk gagal.

Yang sering kali salah kaprah menurut saya adalah sering ada ungkapan “yang penting action, tidak usah banyak teori”. Benar, action sebuah keharusan. Kata siapa Steve Jobs tidak action? Dia action, dia pekerja keras.

Hanya saja action-nya Steve Jobs berbeda dengan action-nya kebanyakan orang. Action-nya Steve Jobs memiliki kualitas jauh diatas rata-rata kebanyakan orang.

Mengapa?

Ya, karena dia tetap lapar. Dia belajar dan mencari pengalaman terus-menerus Hasil dari belajar itu adalah pengetahuan yang luas, kreativitas, dan ketajaman dalam berpikir.

Anda tahu? Kalau Steve Jobs tidak dikenal sebagai pekerja keras, tetapi dikenal sebagai orang paling inovatif. Artinya keunggulan Steve Jobs ada di otaknya, bukan di ototnya.

Cara Menjadi Orang Sukses Itu Tetap Bodoh, Bukan Berati …

Tetap bodoh bukan berarti menjadi orang bodoh, tetapi lebih kepada merasa bodoh. Merasa bodoh artinya memiliki pikiran terbuka untuk terus belajar. Bukan merasa pintar sehingga tidak mau lagi belajar.

Tetap bodoh berbeda dengan menjadi orang bodoh yang tidak mau belajar dan menuntut ilmu. Tetap bodoh adalah yang pikiran terbuka dengan ilmu baru, menerima nasihat, menerima masukan, dan kalau tidak mengerti berusaha untuk faham.

Tindakan

Bukan tindakan yang membuat Anda sukses.

Bukan ilmu yang membuat Anda sukses.

Tapi tindakan berdasarkan ilmu yang menjadikan Anda orang yang sukses.

Anda bertindak kerja akan percuma jika Anda melakukan hal yang salah. Begitu juga punya ilmu banyak juga akan percuma jika tidak diaplikasikan.

Jadi bukan mana yang penting. Tapi keduanya harus Anda miliki jika Anda ingin menjadi orang yang sukses.

Setiap kali saya bertemu dengan orang sukses, saya selalu melihat bahwa mereka adalah orang yang kerja keras dan memiliki ilmu yang tinggi. Terlepas apa pun pendidikannya, dia berilmu dan mengaplikasikannya.

Quality is More Important Than Quantity

Ini adalah salah satu kutipan dari Steve Jobs lagi

Quality is More Important Than Quantity – Steve Jobs

Ini masih sejalan dengan kutipan sebelumnya. Dimana kaitannya?

Coba pikirkan, bagaimana agar kita bisa bertindak dan menghasilkan sesuatu yang berkualitas?

Semua berpusat kepada ilmu lagi.

  • Anda harus mengetahui seperti apa yang disebut berkualitas itu.
  • Anda harus mengetahui apa saja yang diperlukan agar karya kita berkualitas.
  • Anda harus mengetahui keterampilan apa saja yang harus dimiliki.
  • Anda harus memiliki keterampilan yang tinggi, bukan sekedar bisa.
  • Anda harus cukup kreatif untuk memikirkan ide-ide yang berkualitas.

Tanpa itu semua, Anda tidak akan bisa menghasilkan yang berkualitas. Kalau pun ada, itu hanya kebetulan. Semua orang yang karya-karyanya hebat adalah hasil dari belajar dan berlatih.

Sampai disini Anda sudah mulai memahami, bahwa kemauan belajar menjadi menu wajib jika Anda mau menjadi orang sukses. Banyak cara belajar, yang penting Anda memilik kemauan.

Belajar

Sukses memang dengan bertindak. Tetapi Anda sudah bisa menerima bahwa untuk bertindak dengan benar dan berkualitas tetap dibutuhkan belajar.

Bagaimana cara belajar agar menjadi orang yg sukses?

Ada banyak cara.

  • Anda bisa belajar melalui ebook, video dan audio sukses dan pengembangan diri. Seperti yang sudah saya siapkan di Zona Sukses untuk membantu Anda meraih sukses.
  • Atau Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan, seminar, workshop yang banyak diselenggarakan di berbagai kota.
  • Atau Anda bisa mengikuti mentoring atau coaching. Ini cara belajar menjadi sukses yang cepat, meski pun biayanya cukup mahal, tapi sebanding.
  • Atau Anda bisa magang atau bekerja pada seseorang yang akan Anda model cara suksesnya.
  • Atau belajar berdasarkan pengalaman pribadi, dimana Anda harus siap mengorbankan tenaga dan waktu plus sakitnya jatuh. Jika Anda sudah belajar dulu, kegagalan bisa diminimalisir meski tetap akan ada.

Belajar pun perlu ketekunan dan kerja keras. Begitu juga prakteknya. Bahkan praktek jauh lebih berat dibandingkan belajarnya. Jika belajar saja mudah menyerah, apalagi prakteknya.

Anda juga akan butuh pengorbanan finansial untuk belajar. Uang untuk belajar untuk membayar waktu karena Anda akan lebih cepat berhasil jika sudah siap ilmunya.

Selamat belajar, karena belajarlah cara menjadi orang sukses sesungguhnya jika Anda mengaplikasikan dengan sungguh-sungguh apa yang Anda pelajari.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield