Inilah Rahasia Kondisi Pikiran Menuju Sukses Sejati

Sebelum kita membahas kondisi pikiran menuju sukses, seharusnya kita sudah sepakat bahwa sukses kita ditentukan oleh pikiran kita.

kondisi pikiran menuju sukses
Pikiran Kita Menjadikan Siapa Kita

Jika Anda mau menjadi orang sukses, maka Anda harus memiliki pikiran orang sukses. Kondisi pikiran akan menentukan tindakan dan tindakan akan menentukan kesuksesan Anda. Yang dimaksud tindakan, bukan melakukan tindakan apa saja tetapi bagaimana kualitas dan kuantitas tindakan itu sendiri. Semuanya ditentukan oleh pikiran kita.

Pikiran yang seperti apa?

Sederhana, pikiran yang sadar akan sukses.

Sukses datang kepada orang yang menjadi sadar sukses,

Ya, hanya mereka yang sadar akan kesuksesan yang akan meraih sukses. Sadar akan kesuksesan adalah sadar bahwa apa itu sukses bagi Anda, kemudian Anda bisa sukses, dan yakin kesuksesan itu bisa diraih. Anda tidak akan mendapatkan sesuatu yang sadari tidak ada. Anda harus menyadari bahwa itu “ada” kemudian Anda bisa mendapatkannya.

Jangan Seperti Pengemis Yang Duduk Di Peti Emas

Seperti cerita seorang pengemis yang menduduki peti berisi emas bertahun-tahun. Peti itu hanya dia jadikan tempat duduk untuk mengemis. Dia tidak bisa menikmati emas yang ada di dalam peti karena dia tidak sadar bahwa emas itu ada dan milik dia.

Anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak menyadari bahw sukses itu ada di depan mata Anda dan Anda bisa meraihnya. Saat kesadaran ini Anda miliki, maka Anda bisa menikmati sukses yang sudah tersedia di depan Anda.

Pertanyaanya, mengapa banyak orang yang tidak menyadari sukses di depan matanya?

Jawabannya karena kondisi pikiran “tertutup” oleh kotoran-kotoran, seperti kaca yang tertutup debu sehingga tidak lagi tembus pandang. Anda harus membersihkan pengotor-pengotor pikiran Anda, sehingga Anda memiliki pikiran yang jernih, bersih, dan indah. Saya menyebutnya Beautiful Mind.

Saya yakin, peluang kesuksesan itu terbuka di depan mata kita. Namun kita tidak menyadarinya. Ya, mungkin kita menyadari peluang, tetapi tidak menyadari sukses. Anda mengetahui sesuatu itu peluang bisnis, tetapi Anda tidak sadar kalau Anda bisa sukses pada peluang tersebut. Akhirnya Anda hanya mengabaikannya.

Bahkan saat Anda sudah memiliki beautiful mind, sebenarnya Anda sudah meraih sebuah kesuksesan besar. Banyak orang yang menginginkan kedamaian pikiran bahwa melebihi kekayaan. Saat Anda sudah memiliki kedamaian pikiran, maka selanjutnya tinggal memilih mau kaya atau tetap sederhana namun dengan hati yang damai.

Saya memiliki keyakinan, siapa pun yang memiliki kedamaian pikiran, jika dia mau kaya, dia bisa meraih kekayaan jauh lebih mudah dibandingkan kebanyakan orang. Jika Anda menemukan orang yang sudah memiliki kedamaian pikiran tetapi tidak kaya, bukan berarti dia tidak bisa, hanya memilihnya.

Kepura-puraan Yang Menyengsarakan

Yang salah adalah orang yang pura-pura. Dia pura-pura memiliki kedamaian pikiran kemudian memilih miskin, padahal sebenarnya dia dikuasai oleh kemalasan. Dia berpura-pura hanya untuk menutupi kemalasannya. Pada kenyataan, hati mereka tidak dalam kondisi damai. Kenapa? Karena salah satu kotoran yang membuat hati tidak damai adalah ketidakjujuran. Pura-pura bagian dari tidak jujur.

Jika Anda memang ingin kaya, ya berusalah kaya. Akan lebih damai saat Anda tetap miskin (karena takdir) tetapi sudah maksimal berusaha dibandingkan hanya bepura-pura tidak mau. Hidup dalam kepura-puraan tidak akan memberikan kedamaian pikiran.

Saya tidak menuduh siapa pun. Saya percaya banyak orang yang dengan tulus memilih tidak kaya. Salah satunya Rasulullah SAW. Jika beliau mau kaya, saya yakin mudah. Do’a beliau selalu dikabulkan. Beliau sudah berpengalaman menjadi seorang pedagang sejak muda dan sukses besar. Namun beliau tetapi memilih hidup sederhana.

Namun beliau tidak melarang sahabat-sahabatnya menjadi orang kaya. Utsman bin Affan, Umar bin Khattab, Abdurrahman bin ‘Auf adalah sebagaian dari sahabat-sahabat yang kaya. Mau kaya atau miskin, itu adalah sebuah pilihan.

Perusak-perusak Kondisi Pikiran Menuju Sukses

Diatas sudah saya singgung, salah satu perusak atau pengotor pikiran adalah ketidakjujuran. Ini baru satu. Masih ada setidaknya 25 kotoran yang harus selalu Anda jauhkan dari pikiran Anda. OK, kita akan bahas satu persatu agar kita mengetahui dan bisa menghindarinya.

  1. Ketakunan (selain kepada Allah), seperti ketakutan akan kegagalan, kemiskinan, kritik, penyakit, dan sebagainya.
  2. Ketamakan. Tamak yang dimaksud adalah keinginan untuk menguasai materi dan kekuasaan untuk kepentingan dirinya.
  3. Ketidaktoleransian. Saya tidak sedang membahas isu toleransi yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Yang dimaksud disini adalah tidak toleransi terhadap kesalahan dan kekurangan orang lain. Ini akan menghalangi dari persahabatan yang berharga.
  4. Egotisme. Maksudnya terlalu cinta pada diri sendiri dan mengabaikan kebutuhan dan keinginan orang lain.
  5. Nafsu birahi yang berlebihan. Nafsu birahi adalah manusiawi selama tidak berlebihan dan menjadikan hidupnya hanya untuk mengejar ini. Banyak kasus bunuh diri akibat birahi adalah contoh bagaimana merusaknya jika mengikuti nafsu birahi berlebihan.
  6. Kemarahan yang tidak terkendali. Kemarahan yang tidak terkendali akan menutup pandangan kita terhadap berbagai hal yang baik.
  7. Kebencian. Ini adalah racun pikiran yang sama dengan kemarahan bisa membuat kita tertutup pada kebenaran dan bersikap tidak adil.
  8. Kecemburuan. Yang dimaksud cemburu disini adalah tidak suka melihat orang lain sukses dan mendapatkan sesuatu. Dia menginginkannya dan takut tidak kebagian.
  9. Ketidaksabaran. Jelas, ketidaksabaran, orang yang ingin hasil instant, kenikmatan segera akan menutup diri kepada kebenaran sukses yang lebih besar.
  10. Penipuan. Sebenarnya sang penipu sedang menipu diri sendiri dan dia benar-benar tertipu. Dia berpikir sukses karena mendapatkan sesuatu, pada sama sekali bukan sebuah kesuksesan.
  11. Kebohongan. Jelas ini juga merusak pikiran sehingga dengan mudah dia akan menutupi kebenaran. Kebanyakan alasan adalah kebohongan. Hati-hati dengan alasan (excuse).
  12. Ketidaktulusan. Ketidaktulusan akan membuat orang berpikir sempit, selalu ada pamrih, dan dia tertutup padan pandangan yang lebih luas.
  13. Kesombongan. Berbeda dengan percaya diri, kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.
  14. Kekejaman. Jelas, ini merusak hati kita.
  15. Sikap tidak kenal belas kasihan. Ini akan menutup diri dari keberlimpahan.
  16. Ketidak adilan. Tidak adil sebenarnya mengabaikan kebenaran, menempatkan sesuatu pada bukan tempatnya.
  17. Fitnah.
  18. Gosip. Ayo, siapa yang suka bergosip? Hentikan sekarang juga.
  19. Tidak amanah.
  20. Ketidakjujuran.
  21. Ketidaksetiaan.
  22. Pembalasan dendam.
  23. Kekhawatiran.
  24. Iri hati.
  25. Hipokondria (ketakutan menderita suatu penyakit serius).
  26. Kebimbangan.

Jika Anda mau memiliki kondisi pikiran menuju sukses, maka berusahalah menghilangkan semua penyakit diatas. Dan tentu bisa. Memang membutuhkan cara atau metode. Namun yang lebih penting adalah membutuhkan kemauan yang kuat.

Saat Anda sudah terbebas dari ke 26 penyakit diatas atau sejenisnya, maka Anda akan memiliki pikiran yang damai, bersih, dan indah. Kemudian kesadaran akan kesuksesan akan semakin nampak. Dengan jernihnya pikiran Anda, Anda bisa melihat peluang sukses dengan jelas seperti melihat melalui kaca yang barus saja dibersihkan.

Mengetahui Adalah Langkah Awal

Tahukah Anda banyak orang yang sudah mengetahui pentingnya berpikir positif. Dia sudah mengetahui apa saja pikiran positif itu. Namun nyatanya sebanyak apa orang yang sudah memiliki pikiran positif?

Mengetahui adalah langkah awal yang penting. Seperti yang saya jelaskan di ebook saya Beautiful Mind Power, saya menjelaskan tentang berpikir negatif dan berpikir positif. Tujuannya untuk mengetahui dan membedakannya. Namun tidak cukup sampai disana.

Harus ada upaya bagaimana pikiran-pikiran positif, indah, dan memberdayakan itu melekat dengan pikiran kita, lebih tepatnya melekat dengan pikiran bawah sadar. Salah satu caranya adalah dengan mendominasi pikiran kita dengan pikiran yang positif. Hindari perkataan, mendengar, dan melihat hal-hal negatif karena akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar kita.

Ada teknik yang dijelaskan di ebook Beautiful Mind Power agar pikiran-pikiran positif masuk ke dalam pikiran bawah sadar sekaligus menyingkirkan pikiran-pikiran negatif termasuk 26 pikiran kotor diatas.

Semoga Anda bisa mengubah pikiran Anda dan menjadi memiliki kesadaran yang tinggi akan kesuksesan. itulah sebuah kondisi pikiran menuju sukses.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield