Langkah Awal Menjadi Kaya : Keinginan yang Sangat Kuat

Ok, kita akan bahas kelanjutan posting sebelumnya tentang buku Berpikir dan Menjadi Kaya. Kita akan membahas langkah pertama menjadi kaya yaitu keinginan yang sangat kuat.

Bukan harapan (hope), bukan juga keinginan (wish) tetapi keinginan yang sangat kuat, keinginan yang menyala-nyala. Napoleon Hill menyebutnya Burning Desire.

Ada yang mengatakan bahwa keinginan saja tidak cukup. Memang betul jika baru sampai tahap hope atau wish. Anda harus mencapai level desire bahkan burning desire untuk berhasil.

Seperti Apa Keinginan yang Sangat Kuat Itu?

keinginan yang sangat kuat

Untuk menggambarkan seperti apa keinginan yang sangat kuat itu, Napoleon menceritakan bagaimana keinginan yang sangat kuat dari Edwin C. Barner saay ingin menjadi mitra Inventor terbesar sat itu Thomas Alpha Edison.

Bagaimana gambaran keinginan kuat Barner? Seolah dia membakar kapalnya sendiri, sehingga tidak ada pilihan untuk kembali, tidak ada pilihan untuk kalah, hanya satu yang dia inginkan: menjadi mitra Edison.

Dia tidak ada kata “kalau gagal” tidak ada kata “nyoba dulu” atau “akan saya usahakan”. Tapi dia berkata “akan saya dapatkan” dan tidak ada pilihan lain.

Apakah Barner berhasil menjadi mitra Edison?

Ya, berhasil setelah bertahun-tahun kemudian. Perhatikan, bertahun-tahun, sudah menggambarkan bagaimana kuatnya keinginan itu. Jika keinginannya lemah, mungkin dia akan menyerah setelah hitungan bulan.

Kunci keberhasilan Barner karena dia memiliki tujuan yang jelas, menempatkan semua energi, semua kekuatan. semua usaha, dan segalanya untuk meraih tujuan tersebut.

Barner tidak mengatakan, saya akan coba bekerja dalam beberapa bulan, kalau gagal ya sudah. Tidak, dia tidak mengatakan seperti itu.

Dia berkata, “Saya akan lakukan apa pun agar Edison mau menjadi mitra saya.” Dan dia juga tidak punya rencana cadangan seandainya dia gagal menjadi mitra Edison. Dia membakar kapalnya sehingga tidak ada pilihan lain kecuali menang.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa keinginan kuat akan menghasilkan tindakan kuat. Jangan salah dengan orang yang mengatakan “yang penting action”. Tindakan, jika tidak kuat tidak akan menghasilkan apa yang Anda inginkan. Bukan sekedar action untuk meraih sukses.

6 Langkah Keinginan yang Sangat Kuat Menjadi Kekayaan

Napoleon memberikan 6 langkah untuk mengubah keinginan yang sangat kuat tersebut menjadi kekayaan.

  1. Temukan jumlah uang yang pasti yang Anda inginkan. Tidak cukup mengatakan saya ingin kaya, tetapi berapa uang yang Anda inginkan.
  2. Tentukan bayaran yang akan Anda berikan untuk mendapatkan keinginan tersebut. Segala sesuatu ada bayarannya.
  3. Tentukan kapan Anda ingin mendapatkan uang tersebut, tanggalnya.
  4. Buat rencana yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut. Dan mulailah mengambil tindakan berdasarkan rencana itu, sekarang juga.
  5. Tulis sebuah pernyataan: jumlah uang, target kapan tercapai, apa yang akan Anda berikan untuk meraih target, dan rencana Anda dalam meraihnya.
  6. Baca pernyataan itu sehari 2 kali sebelum tidur dan pagi hari sebelum aktivitas. Rasakan bahwa Anda sudah mencapai apa yang Anda targetkan tersebut.

Ayo kerjakan!

Serius mau kaya?

Kalau serius, kerjakan sekarang juga, jangan tunda-tunda.

Disini masalahnya, banyak orang yang segera mengambil tindakan. Kadang beralasan dan berdalih. Maka wajar kalau pun sudah baca buku bagaimana bagusnya, tidak akan memberikan hasil, karena ogah menjalankannya.

Kadang kita terjebak dengan perkataan yang penting kerja, yang penting action. Ya betul. Tapi tindakan Anda harus kuat dan harus memiliki energi yang besar.

Ada harga ada kualitas. Jika Anda ingin sebuah HP yang canggih, terbaru, merk terkenal, dengan fitur yang ciamik, maka Anda harus memiliki uang yang besar untuk mendapatkannya.

Tindakan biasa akan menghasilkan uang. Tapi tindakan luar biasa yang akan menghasilkan kekayaan. Dan tindakan yang luar biasa akan ada jika Anda memiliki keinginan yang sangat kuat.

Mengapa Napoleon menyuruh kita kita menulis dan membacanya secara berulang-ulang? Agar meresap dalam pikiran kita. Agar tidak lupa. Agar tidak terbaikan. Agar kita selalu ingat dengan tujuan kita. Sehingga akan menghasilkan tindakan luar biasa.

Kata Napoleon, semua orang yang berhasil mengumpulkan kekayaan, mereka memiliki keinginan dan rencana SEBELUMnya. Artinya bukan asal bertindak.

Dalam buku ini, Napoleon juga mencerikan pola yang sama, yaitu semua orang yang memiliki pencapaian besar adalah mereka yang memiliki keinginan yang sangat kuat.

Bahkan Napoleon juga cerita, bagaimana keinginan kuat sangat membantu anaknya yang tuna rungu. Meski pun tuna rungu, tetapi memiliki kehidupan normal sebagaimana orang pada umumnya. Kenapa bisa seperti ini, karena dia menginginkannya. Dengan keinginan yang sangat kuat.

Seperti ajaib bukan, anaknya bisa mendengar.

Penutup

Jika Anda mau kaya, Anda harus memiliki tujuan jelas dan benar-benar sangat menginginkannya. Konsep ini juga didukung oleh berbagai ahli lainnya bahwa keinginan itu harus benar-benar kuat, maka itu akan tercapai. Bahkan ada yang mengatakan, saat kita mengingat keinginan tersebut kita sampai meneteskan air mata.

Grant Cardone menulis buku tentang obsesi, katanya kalau mau kaya kita harus terobsesi dengan kekayaan tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan, jika Anda seorang yang beriman, jangan sampai konsep ini mengubah uang menjadi tuhan kita. Kita menjadikan uang segalanya dan menghalalkan segara cara untuk meraih kekayaan tersebut.

Kita simak apa yang dikatakan para sahabat Rasulullah saw:

Doa Abu Bakar ra: “Jadikanlah kami kaum yang memegang dunia dengan tangan kami, bukan hati kami.”

Dan doa sahabat Umar bin Khattab: “Ya Allah, tempatkanlah dunia dalam genggaman tangan kami dan jangan kau tempatkan dia di lubuk hati kami.”

“Zuhud itu adalah menjadikan dunia di tangan, bukan di hati.” (Ali bin Abi Thalib)

Bukan berarti tidak boleh kaya. Abu Bakar ra, Umar Khattab ra, dan Abdurrahman bin ‘Auf ra adalah orang-orang kaya, tetapi beliau-beliau zuhud dan tidak menuhankan harta.

Kembali ke Berpikir dan Menjadi Kaya

Bab Selanjutnya: Keyakinan yang Kuat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield