Melewati 3 Titik Kritis Ini Akan Menjadikan Bisnis Anda Melejit

Mengapa bisnis Anda mandeg? Tidak melejit, padahal rasanya sudah bekerja keras, tetapi seolah ada yang menghambat sehingga bisnis tidak melaju dengan kencang?

Ada apa ini?

Pastinya ada penghambat. Jika bisnis Anda diibaratkan sebuah kendaraan, ada 3 hal yang mungkin menghambat laju bisnis Anda. Bagaimana pun Anda menginjak gas, mobil Anda tidak juga beranjak. Kalau pun beranjak namun dengan laju yang lambat sekali.

Dari pengalaman saya pribadi juga pengalaman teman-teman yang bisnisnya sudah melejit, karena sudah mampu melewati 3 titik kritis ini.

Seperti sebuah roda yang masih terganjal, maka roda tersebut akan sulit melaju. Namun jangan dilupakan, ada ganjal yang tidak terlihat, tetapi memegang peranan penting untuk menghambat kendaraan. Apa itu? Mari kita bahas.

menjadikan bisnis Anda melejit

Menjadikan Bisnis Anda Melejit Dengan Menghilangkan Semua Penghambatan

Dalam ilmu fisika, selama di bumi, setiap gerakan akan selalu memiliki hambatan. Setidaknya hambatan gesekan dengan lantai atau bahkan “hanya” dengan udara. Sebuah benda akan terus melaju jika daya dorong bisa mengalahkan hambatan.

Saat kita mendorong sebuah benda di lantai, ada hambatan gesekan antara benda dan lantai. Jika dorongan kita tidak lebih kuat dibanding gaya gesek, maka benda tidak akan bergerak. Agar bisa bergerak, maka daya dorong harus lebih besar dibandingkan gaya gesek.

Caranya ada 2 cara, tambah tenaga dorong atau kurangi gaya gesek. Menambahkan pelicin atau roda adalah cara mengurangi gaya gesek, sehingga benda mudah bergeser meski dengan dorongan biasa.

Begitu juga dalam bisnis. Akan selalu ada hambatan yang melawan daya dorong Anda. Saat daya dorong Anda sama dengan daya hambat, itulah disebut titik kritis. Jika Anda mampu melewatinya, maka apa yang Anda dorong akan melaju.

Kekuatan Ini Akan Menjadikan Bisnis Anda Melejit Meski Bukan Yang Terpenting

Ada satu daya dorong yang jika Anda memiliki dan memanfaatkannya dengan baik, maka bisnis Anda akan melejit. Apa itu? Cash. Ya, tidak salah, uang tunai yang bisa Anda gunakan untuk melejitkan bisnis Anda.

Dengan cash bisa membuat bisnis Anda tetap melaju. Tanpa cash, bisa Anda bisa mandeg. Banyak bisnis bangkrut gara-gara cash flow. Bisnis Anda akan sulit berkembang jika cash Anda pas-pasan.

Bukannya bisa berbisnis tanpa modal? Ya tentu saja. Anda bisa memulai bisnis meski tidak punya modal. Apa yang dibahas disini beda lagi. Saat bisnis Anda sudah berjalan, tetapi cash flow tidak sehat, siap-siap bisnis Anda tutup, kecuali Anda mengambil tindakan untuk memperbaikinya segera.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melejitkan bisnis Anda jika Anda memiliki cash yang cukup. Anda bisa promosi lebih gencar. Anda bisa membayar orang terbaik. Anda bisa membeli aset yang dibutuhkan. Anda bisa membeli stok produk yang cukup. Dan sebagainya.

Jika kondisi bisnis Anda kurang berkembang, sejauh mana investasi Anda untuk mengembangkan bisnis? Pertanyaan selanjutnya, jika Anda tidak punya cash yang cukup, bagaimana Anda bisa investasi? Nah itu maksudnya.

Artinya jika cash Anda bermasalah, segera cari cara untuk memperbaikinya. Periksa cash Anda sekarang, cari solusinya agar memiliki cash yang cukup. Mencari investor hanyalah salah satunya. Masih ada cara lain untuk mendapatkan cash segar bagi bisnis Anda.

Jangan lepaskan mata Anda ke cash flow, sebab itu adalah darah hidup bisnis Anda. ~ Richard Branson

Jika Tidak Bisa, Anda Tidak Akan Bisa Melakukannya

Anggaplah Anda sudah memahami bahwa mengelola cash flow adalah penting. Membuat materi promosi adalah penting. Tapi Anda tidak bisa melakukannya, maka semuanya tidak akan berjalan.

Artinya dibutuhkan seperangkat skill atau keterampilan tertentu agar bisnis Anda bisa berjalan dan melejit omsetnya. Jika Anda mengaku sudah bekerja keras tetapi hasilnya tidak sesuai harapan, bisa jadi keterampilan Anda yang kurang.

Semakin mahir Anda akan semakin cepat dan berkualitas karya Anda. Dalam bisnis akan diperlukan berbagai keterampilan penting dan itu harus Anda kuasai.

Bukan hanya keterampilan teknis. Keterampilan teknis memang penting, tetapi bukan itu satu-satunya yang akan membuat Anda berhasil. Sebagai contoh, Anda menjalankan bisnis toko online dengan menggunakan Facebook Ads sebagai media promosi, maka jago iklan saja tidak cukup.

Beberapa waktu yang lalu, saya membaca buku Strategi Meraih Satu Miliar Pertama Dari Facebook dan Toko Online, dalam buku itu dijelaskan bahwa masih ada beberapa keterampilan lain yang harus Anda miliki. Ya, salah satunya mengelola cash flow, membangun tim, dan sebagainya. Bukan hanya bisa iklan saja.

Begitu juga bisnis lainnya, ada seperangkat skill atau keterampilan yang perlu Anda kuasai dengan baik. Sehingga saat Anda menguasainya bisnis Anda akan melejit. Setiap bisnis tentu berbeda, Anda harus mengetahui keterampilan apa saja yang dibutuhkan.

Pada dasarnya tidak jauh dari pemasaran, produksi, manajemen SDM, dan keuangan plus beberapa keterampilan spesifik yang dibutuhkan untuk bisnis tertentu. Tanya konsultan, baca buku, ikuti seminar, dan sebagainya agar Anda mengetahui apa saja keterampilan yang dibutuhkan. Kemudian pelajari dan kuasai.

Setiap keterampilan yang Anda kuasai, menggandakan peluang sukses Anda. ~ Scott Adams

Dan Ini Titik Kritis Terpenting

Apa itu? Jawabannya adalah SIKAP.

Sukses adalah 99% sikap dan 1% bakat.

Disiplin, ketekunan, ketangguhan, ketenangan, dan pantang menyerah adalah sikap-sikap yang harus Anda miliki. Sikap negatiflah yang menjadikan semuanya menjadi lebih sulit. Ada masalah sedikit, langsung mengeluh. Sulit sedikit, mengeluh. Rugi, nangis. Dan sebagainya.

Semua orang sukses, dia melalui masa-masa sulit, penolakan, kerugian, bangkrut, masalah, dan sebagainya. Begitu juga, awalnya mereka tidak bisa melakukan berbagai hal. Hanya dengan ketekunan dan ketangguhan semua yang mereka butuhkan jadi dimiliki.

Saat menghadapi kesulitan bahkan kegagalan, mereka belajar. Bukan menyerah, tetapi mencoba dengan cara yang lebih baik. Saat Anda tidak punya modal. Saat Anda tidak bisa melakukan sesuatu, itu sebenarnya bukan masalah. Yang masalah adalah saat Anda tidak mau belajar.

Tidak Bisa Bukan Masalah

Minimal Anda memiliki ketekunan dan ketangguhan yang luar biasa, maka kerikil-kerikil yang menghalangi gerak Anda akan tergilas dengan mudah.

Saya sering melihat, mereka yang bisnisnya tidak berkembang, penyebab dasarnya adalah mereka kurang tekun dan tangguh dalam menjalaninya. Cara menjalankan bisnisnya gitu-gitu saja, karena mereka tidak belajar bagaimana cara menjalankannya yang benar.

Keterampilan bisa Anda kuasai jika Anda tekun belajar dan tekun berlatih. Saat bertemu dengan kesulitan, dia begitu tangguh untuk berusaha mengatasinya. Gagal, dia mencoba lagi. Salah, dia perbaiki lagi. Jatuh, dia berusaha bangkit lagi. Bingung, dia tetap belajar sampai mengerti, meski harus berkali-kali belajar. Dia juga tangguh melawan kebosanan.

Kesimpulan

Jika Anda ingin melejitkan bisnis Anda, jangan hanya memikirkan bagaimana cara promosi yang jitu, namun periksalah 3 titik kritis berikut:

  1. Apakah Anda sudah memiliki sikap mental yang positif?
  2. Apakah Anda sudah menguasai seperangkat keterampilan penting yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda?
  3. Apakah Anda sudah mengelola cash flow dengan baik?

Silahkan periksa, jika masih bermasalah maka silahkan perbaiki dan lihat hasilnya dalam beberapa tahun ke depan, 3 Titik Kritis Ini Akan Menjadikan Bisnis Anda Melejit.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield