Satu Cara Terpenting Membuat Hidup Lebih Produktif – Plus 9 Cara Lainnya

Bagaimana sich caranya membuat hidup lebih produktif?

Sebelum bisa menjawab itu, kita harus mengajukan pertanyaan terlebih dahulu:

Produktif dalam hal apa? Untuk apa?

Saat Anda rajin menulis status Facebook, Anda itu sebenarnya sudah produktif. Ya produktif menghasilkan status Facebook. Pertanyaannya, untuk apa status Facebook Anda? Apakah itu yang Anda inginkan?

Produktif menulis status Facebook bisa bermanfaat atau bisa juga mahalah merusak produktivitas Anda yang lain. Jika Anda memang menjual sesuatu di Facebook, dan memang ini pekerjaan Anda, maka apa yang Anda lakukan adalah produktif. Jika bukan, justru menulis banyak status di Facebook akan merusak produktivitas Anda.

Sebuah aktivitas apakah bisa disebut produktif atau tidak, tergantung dari tujuan Anda. Jika sebuah aktivitas tidak mendukung pencapaian tujuan Anda, maka aktivitas itu tidak produktif.

Disinilah pentingnya memiliki tujuan yang pasti.

Memiliki Tujuan Yang Pasti Membuat Hidup Lebih Produktif

Membuat Hidup Lebih Produktif

Mengapa Tujuan Yang Pasti Akan Membuat Hidup Lebih Produktif?

“Your ability to set goals is the master skill of success. Goals unlock your positive mind and release ideas and energy for goal attainment. Without goals, you simply drift and flow on the currents of life. With goals, you fly like an arrow, straight and true to your target.”
– Brian Tracy

Jika Anda tidak memiliki sebuah tujuan pasti, pertanyaanya adalah, apa yang akan Anda lakukan setiap hari? Kebanyakan orang akan melakukan hal-hal yang membawa kepada kesenangan sesaat. Dia menghabiskan waktu untuk melakukan yang dia sukai saat itu. Dan itu sering kali hal-hal yang tidak berarti seperti hanya bersenang dengan berbagai aktivitas.

Tidak ada yang dia dapatkan, kecuali kesenangan saat itu. Berbeda dengan orang yang memiliki tujuan pasti, maka akan ada tindakan-tindakan yang dia lakukan untuk mendapatkan apa yang dia inginkan (tujuan). Maka jelas, tujuan akan membuat hidup lebih produktif.

Dengan tujuan, Anda akan terbang seperti panah, lurus dan pasti menuju target Anda. Tanpa tujuan, hidup Anda akan terombang ambing entah kemana. Tidak ada hasil yang jelas. Produktif itu sifat yang menghasilkan produk. Produk yang dimaksud adalah tujuan Anda, setidaknya hal-hal yang mengarah atau pendukung tujuan Anda.

Begitu juga seorang karyawan akan lebih produktif jika out put yang diharapkan jelas. Jika Anda seorang karyawan, coba lihat job description Anda kembali, apa sich yang diharapkan Anda. Atau jika masih bingung silahkan komunikasikan dengan atasan Anda.

Jika Anda seorang leader, maka pastikan semua tim Anda memahami out pun mereka. Tanpa tujuan yang pasti kenapa mereka bekerja untuk Anda, mereka tidak akan pernah produktif. Jika ada anggota tim yang tidak sesuai harapan Anda, coba tanyakan apa out put dari dia. Apakah dia sudah memahaminya atau belum? Tugas Anda untuk memastikan itu.

Bagi Anda seorang pebisnis, Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas agar setiap aktivitas Anda selalu mengarah ke sebuh tujuan. Tujuan seorang pebisnis pada ujungnya adalah profit, sehingga seorang pebisnis akan memastikan setiap langkahnya adalah untuk menghasilkan profit, baik langsung atau tidak.

Silahkan baca tentang pentingnya membuat tujuan disini.

Saya Sudah Punya Tujuan, Tetapi Belum Produktif

Tentu saja, ada orang yang sebenarnya memiliki sebuah tujuan, tetapi dia belum produktif. Kenapa? Apa yang menjadi alasannya? Karena dia kurang memprioritaskan tujuan tersebut.

Dalam hidup ada banyak gangguan. Mungkin kesibukan sehari-hari, meski tidak untuk meraih tujuan tetapi harus tetap dilakukan. Maka solusinya adalah alokasi waktu. Bagilah waktu untuk melakukan kesibukan dan untuk mengerjar tujuan Anda.

Ini akan memaksa Anda lebih produktif. Jika selama ini mengerjakan kesibukan seharian, kemudian Anda alokasikan waktu menjadi setengah hari misalnya, maka Anda akan berpikir keras bagaimana menyelesaikan kesibukan itu dalam setengah hari. Lebih produktif bukan?

Sementara Anda memiliki waktu setengah hari yang bisa digunakan untuk meraih tujuan Anda.

Memang mengubah kebiasaan Anda itu tidak mudah. Jujur saja, saya akan menyuruh Anda untuk memaksakan. Karena jika tidak, kebiasaan lama Anda akan terus berjalan dan Anda tidak pernah ada waktu untuk meraih tujuan atau cita-cita Anda.

Lalu bagaimana jika tetap saja, tindakan-tindakan kita cendrung melakukan kebiasaan lama?

Kebiasaan-kebiasaan lama, apalagi yang sudah lama sekali dilakukan, polanya sudah melekat dalam pikiran bawah sadar kita. Seperti refleks, mereka akan terus kita lakukan. Pikiran bawah sadar kita akan cendrung mengarahkan tindakan ke tindakan yang sudah biasa kita lakukan.

Caranya, selain kita sudah mengalokasikan waktu, tujuan kita juga harus memiliki tempat di pikiran bawah sadar kita. Saat Anda membuat tujuan, itu baru kerja pikiran sadar. Sementara tindakan-tindakan kita lebih banyak dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Jika pikiran bawah sadar kita belum mengenal tujuan kita, maka pikiran bawah sadar tidak akan bekerja untuk meraih tujuan kita.

Pikiran bawah sadar, namanya juga bawah sadar, bekerjanya secara otomatis. Dia akan bekerja berdasarkan kebiasaan atau tujuan. Seperti sebuah rudal, yang harus diprogram dulu akan membidik sasaran apa. Begitu juga dengan pikiran bawah sadar Anda, harus diprogram dulu.

Artinya harus mengkomunikasikan tujuan Anda ke pikiran bawah sadar. Saat pikiran bawah sadar sudah menerima tujuan tersebut, maka pikiran bawah sadar akan mengarahkan tindakan-tindakan kita menuju tujuan tersebut.

Bagaimana caranya? Ada beberapa teknik yang sudah saya jelaskan di ebook Beautiful Mind Power. Salah satunya adalah dengan cara pengulangan. Setelah Anda menulis tujuan, bacalah secara berulang-ulang di hari pertama, jika bisa sampai 100 kali. Kemudian bacalah setiap hari sebanyak 2-3 kali untuk mengingat kembali.

Jika Anda seorang karyawan atau pernah menjadi karyawan, sering kali perusahaan menempelkan visi misinya di berbagai tempat. Tujuannya agar Anda terus membacanya secara berulang-ulang sehingga masuk ke pikiran bawah sadar Anda. Tujuannya agar Anda bekerja sesuai dengan visi misi perusahaan.

Jangan lupa untuk membaca cara meraih tujuan:

Cara Meningkatkan Produktif Lainnya

Memiliki tujuan pasti adalah fondasi dasar agar hidup Anda lebih produktif. Tentu saja masih ada cara-cara lain yang akan meningkatkan produktivitas Anda. Berikut ide-ide yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan produktivitas Anda:

  • Anda harus mau mengubah cara bekerja Anda yang tidak produktif menjadi lebih produktif. Jangan anggap cara Anda adalah cara terbaik, karena masih ada yang lebih baik.
  • Berpikirlah di luar kotak, cari ide-ide revolusioner agar Anda menghasilkan lebih banyak.
  • Anda harus berani mengambil keputusan. Jika Anda tidak berani, maka Anda akan menunda-nunda yang akhirnya mengurangi produktivitas Anda.
  • Belajarlah bekerja lebih cepat. Bukan lebih lama. Semakin cepat Anda bekerja akan semakin banyak yang dihasilkan.
  • Bangunlah kebiasaan-kebiasaan produktif. Ada kebiasaan-kebiasaan tidak produktif yang sering dilakukan oleh orang. Sering kali tanpa sadar atau sulit dihentikan. Caranya adalah dengan menggantinya dengan kebiasaan produktif.
  • Fokus pada pekerjaan yang bernilai. Seringkali kita sibuk dengan pekerjaan yang kurang bernilai, bagaimana mau produktif?
  • Bagaimana cara mengatasi pikiran yang overload? Belajarnya untuk menangani berbagai informasi yang masuk agar tidak membuat stress.
  • Fokus dan konsentrasi saat bekerja adalah unsur penting agar lebih produktif. Jadi belajar fokus dan konsentrasi saat bekerja.
  • Jangan menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya dikerjakan sekarang. Menunda-nunda adalah pembunuh produktivitas.

Untuk lebih lengkapnya tentang ke sembilan ide meningkatkan produktivitas diatas sudah saya bahas lebih lengkap di ebook saya Revolusi Waktu. Jika Anda serius ingin meningkatkan produktivitas, silahkan pelajari ebook tersebut. Jika belum sanggup, minimal Anda sudah memiliki tujuan pasti dan memprioritaskannya baik waktu dan di pikiran bawah sadar.

Produktivitas Adalah Kemampuan Penting Dalam Segala Bidang

Mungkin Anda sudah memiliki ilmu yang tinggi, kemampuan yang tinggi, dan wawasan yang luas, namun jika tidak produktif, ilmu, kemampuan dan wawasan Anda hanyalah sebuah potensi yang belum menghasilkan.

Anda bisa saja menguasai ilmu pemasaran yang hebat, tetapi jika tidak produktif menerapkan konsep-konsep pemasaran dalam bisnis Anda, maka ilmu pemasaran Anda hanyalah sebuah potensi belum meningkatkan omset bisnis Anda.

Hasil adalah kombinasi dari kemampuan dan produktivitas Anda.

Sementara, sibuk dan bekerja keras juga bukan jaminan Anda akan sukses. Buat apa sibuk dan bekerja keras jika tidak menghasilkan? Uang tidak akan datang kepada orang yang sibuk dan bekerja keras. Banyak lho yang sibuk dan bekerja keras tetapi tetap miskin. Uang datang kepada mereka yang produktif menghasilkan nilai bagi orang lain.

Jika mau sukses dalam karir, Anda harus produktif. Jika mau sukses sebagai profesional, Anda harus produktif. Jika mau sukses dalam bisnis, Anda harus produktif. Masihkah Anda enggan belajar produktivitas?

Mudah-mudahan, artikel ini membantu Anda Membuat Hidup Lebih Produktif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield