Rahasia Menjadi Orang yang Sangat Kaya: Keyakinan

Pernahkah kita berpikir apa rahasia menjadi orang yang sangat kaya?

Mengapa anak orang kaya jauh lebih mudah menjadi kaya?

Mengapa orang kaya suka semakin kaya?

Bukan hanya karena punya modal.

Tapi yang lebih penting adalah … keyakinan.

Mereka yakin bisa dengan mudah kaya karena mereka sudah merasakan dan melihat dengan mata kepala sendiri.

KABAR BAIK untuk ANDA: Untuk memiliki keyakinan, tidak harus kaya dulu.

Keyakinan bisa dimiliki oleh siapa pun. TERMASUK ANDA.

Keyakinan adalah Rahasia Menjadi Orang yang Sangat Kaya

Keyakinan

OK, apa artikel sebelumnya kita sudah membahas rahasia pertama menjadi orang kaya, yaitu burning desire atau keinginan yang menyala-nyala dan kita sekarang akan membahas Rahasia Menjadi Orang yang Sangat Kaya berikutnya menurut buku Thing and Grow Rich, yaitu keyakinan.

Logika sederhana sebenarnya, jika Anda yakin bisa kaya, maka segala pikiran dan tindakan Anda akan mengarah menuju kekayaan. Anda tidak akan berpikir dan bertindak jika tidak yakin. Jika Anda masih belum kaya sampai saat ini, mungkin Anda belum benar-benar yakin bahwa Anda bisa kaya.

Misalnya seorang anak yang terlahir dari orang kaya. Dia melihat sekelilingnya lingkungan orang kaya. Dia lihat ayahnya bisa “dengan mudah” membeli rumah dan mobil mewah. Bisa menghasilkan banyak uang dengan mudah.

Karena kondisi itu yang dia lihat setiap hari, maka tanpa sadar tumbuh dalam pikirannya bahwa dia pun bisa melakukan hal yang sama. Dia secara tidak sadar ditumbuhkan keyakinan menjadi orang kaya.

Maka wajar, jika banyak orang kaya lahir dari keluarga kaya, meski tidak selalu.

Sementara saya pernah melihat, saat anak seorang pemulung ditanya cita-citanya, dia mengatakan akan menjadi pemulung seperti ayahnya. Ya, itu bukan cita-cita, tapi dia melihat realita yang menjadi keyakinan dia bahwa dia hanya bisa menjadi pemulung.

Nah, maka tidak aneh jika banyak kejadian pemulung turun temurun. Kaya turun temurun. Itu karena masalah keyakinan.

Terlepas bagaimana kondisi keluarga Anda saat ini … Anda bisa berubah!

Ingat rumus ini:

Keinginan Yang Kuat + Keyakinan = Perwujudan

Jika Anda punya keinginan yang kuat ditambahkan dengan keyakinan akan terwujudnya apa yang Anda inginkan, maka apa yang Anda inginkan itu akan terwujud.

Dalam prosesnya bukan berarti seperti sulap. Keinginan dan keyakinan akan menghasilkan tindakan yang tidak akan terhentikan oleh berbagai rintangan, sehingga apa yang diusahakan tercapai.

Jika dianalogikan dalam kehidupan sehari-hari, keinginan adalah benih. Keyakinan adalah kondisi subur. Maka keinginan akan tumbuh dan berbuah.

Artinya jika Anda memiliki keyakinan tetapi tidak yakin, akibat Anda menanam benih dalam tanah yang tidak subur, tanpa unsur hara sedikit pun. Maka keinginan tidak akan pernah tumbuh dan berbuah.

Kabar baiknya, keyakinan kaya bisa dibentuk meski Anda tidak terlahir dari keluarga kaya. Jika anak orang kaya (sudah takdirnya) dibentuk secara tidak sadar atau tidak sengaja, maka Anda, kita, bisa membentuk atau membangun keyakinan dengan sengaja dengan memprogramnya.

Napoleon Hill dalam buku ini menjelaskan bagaimana cara membangun keyakinan untuk menjadi kaya.

Cara Membangun Keyakinan

Jika saya tanya, apakah Anda yakin bisa kaya?

Yakin?

Jangan yakin dulu dengan jawaban Anda. Baik Anda mengatakan yakin, belum tentu benar-benar yakin. Jika Anda menjawab tidak yakin, ya memang tidak yakin. Jawaban negatif sering kali benar.

Jadi lebih baik, Anda jawab yakin. Kalau dalam pikiran atau hati Anda masih ada keraguan. Itu sebenarnya bisa kita perbaiki, bisa kita ubah atau bisa kita tumbuhkan keyakinan Anda.

Rahasia membangun keyakinan menurut Napoleon Hill adalah dengan

  • afirmasi secara berulang-ulang
  • mendominasi pikiran kita dengan emosi positif

Afirmasi memang sebuah teknik pengembangan diri untuk mengubah atau membentuk mindset atau pola pikir yang sudah lama dipraktekan. Mungkin Napoleon Hill pencetusnya? Saya tidak tahu.

Yakin Dengan Kekuatan Keyakinan

Sebelum Anda membangun keyakinan akan terwujudnya keinginan Anda (menjadi kaya), apakah Anda sudah yakin dengan kekuatan keyakinan itu sendiri?

keyakinan

Inilah salah satu contoh kekuatan keyakinan. Jika Coloner Sander tidak yakin dengan keinginannya, mungkin dalam percobaan ratusan kali atau puluhan kali dia akan berhenti mencoba. Keyakinan akan keberhasilanlah yang akan menjadi seseorang bertahan.

Tindakan tidak akan penah ada jika tidak dilandasi dengan keyakinan. Keyakinan, sekecil apa pun akan melahirkan tindakan. Apalagi, jika kita memiliki keyakinan yang kuat. Semua orang bertindak berdasarkan keyakinan.

Berikut adalah beberapa kalimat yang akan menguatkan keyakinan kita akan kekuatan keyakinan itu sendiri:

  • Keyakinan adalah titik awal semua pengumpulan kekayaan!
  • Keyakinan adalah dasar semua “mukjizat” dan semua misteri yang tidak bisa dianalisi dengan aturan ilmu pengetahuan!
  • Keyakinan merupakan satu-satunya penawar kegagalan yang diketahui orang!
  • Keyakinan adalah unsur “kimia”, yang kalau diperpadukan dengan do’a, memberi seseorang komunikasi langsung dengan Inteligensi Tanpa Batas!
  • Keyakinan adalah unsur yang mengubah getaran pemikiran biasa, yang tercipta oleh pikiran manusia yang terbatas, menjadi padanan spiritual!
  • Keyakinan adalah satu-satunya media yang memungkinan daya kosmis Inteligensi Tanpa Batas bisa dikendalikan dan bisa dimanfaatkan oleh manusia!

Apa sih yang dimaksud Inteligensi Tanpa Batas. Saya tidak tahu apa yang dimaksud oleh Napoleon Hill. Para penulis pada zamannya sering menuliskan istilah yang sama atau mirip, bahwa ada Kekuatan diluar sana yang mewujudkan segala sesuatu.

Apakah yang dimaksud masih dalam tataran mahluq, artinya bagian dari sunatullah atau yang dimaksud itu adalah Allah?

Bagi orang yang beriman tentu kita yakin bahwa sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi adalah karena kehendak Allah. Tapi kita juga sadar bahwa Allah sudah menciptakan sunatullah di dunia ini yang berupa sebab akibat, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat (dalam tataran fisika kuantum).

Saya tidak akan membahas ini lebih jauh. Karena kalau mau dibahas cukup panjang. Yang penting kita memahami bahwa segala sesuatu itu atas kehendak Allah dan ada bagian sunatullah yang sebenarnya tidak menafikan keberadaan Allah. Misalnya jika Anda memukul benda akan terjadi bunyi, sebab akibat.

Jika Anda bingung dengan pemabahasan ini, abaikan saja. Kita fokus kepada keyakinan dan bagaimana kita memiliki keyakinan.

Untuk menjadikan kita yakin akan kekuatan keyakinan, maka silahkan cara secara berulang tentang kekuatan yakinan diatas.

Keyakinan Akan Kemampuan Diri: Percaya Diri

Napoleon Hill juga menyorot tentang kepercayaan diri. Kepercayaan diri pada dasarnya adalah keyakinan akan kemampuan diri sendiri melakukan sesuatu. Jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri, maka Anda tidak akan bertindak meraih apa yang Anda inginkan.

Masuk akal bukan?

Napoleon memberikan rumus 5 langkah menuju kepercayaan diri.

  1. Tanamkan keyakinan bahwa kita punya kemampuan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan pasti dalam hidup ini.
  2. Visualisasi selama 30 menit setiap hari. Visualisasikan Anda mau menjadi apa.
  3. Melakukan afirmasi 10 menit setiap hari. Afirmasi bahwa Anda akan meraih tujuan Anda.
  4. Menulis tujuan utama yang pasti, dan miliki tekad bahwa Anda tidak akan berhenti mencapainya.
  5. Memiliki komitmen berkaitan:
    • kebenaran dan keadilan dalam transaksi
    • menyingkirkan emosi negatif terhadap orang lain (benci, iri, dengki, dsb)
    • percaya kepada diri sendiri dan orang lain
    • menuliskan komitmen dan melakukan afirmasi tentang komitmen ini setiap hari

Perhatikan langkah no 3, saya dengan sengaja mencoret kata akan. Ya, dalam afirmasi Anda tidak perlu menulis kata akan. Tulislah dan baca seolah Anda sudah memilikinya. Jangan menulis “Saya akan memiliki uang Rp 1M ….” tapi tulis dan afirmasikan “Saya memiliki uang Rp 1 M …”

Itu aturan afirmasi. Kata-kata akan membentuk pikiran bawah sadar seolah apa yang kita inginkan sudah tercapai.

Saya pribadi sudah membuat ebook plus audio bagaimana cara afirmasi dan visualisasi lebih lengkapnya.

Hukum Sugesti Pribadi

Napoleon menuliskan beberapa baik yang menurut dia adalah hukum sugesti pribadi. Kalau menurut saya, itu adalah prinsip-prinsip keyakinan dan berpikir positif yang harus kita fahami.

Anda juga bisa mengafirmasikan kalimat-kalimat dibawah ini:

  • Jika Anda berpikir Anda kalah, Anda kalah.
  • Jika Anda berpikir tidak berani, Anda tidak berani.
  • Jika Anda ingin menang, tetapi berpikir tidak bisa, sudah hampir pasti Anda tidak bisa.
  • Jika Anda berpikir akan kalah, Anda akan kalah.
  • Jika Anda berpikir Anda rendah, Anda rendah.
  • Anda harus berpikir akan menanjak tinggi, Anda harus yakin akan diri sendiri sebelum Anda bisa memenangkan hadiah.
  • Perjuangan hidup tidak selalu dimenangkan oleh orang yang lebih kuat atau lebih cepat, tetapi oleh orang yang berpikir ia bisa menang.

Contoh Kekuatan Keyakinan

Bab tentang keyakinan ditutup oleh sebuah cerita bagaimana berdirinya perusahaan United State Stell Corporation yang didirikan pada tahun 1900. Menurut Napoleon, ada fakta fundamental bagaimana sebuah gagasan diubah menjadi harta yang besar sekali.

Cerita selengkapnya bisa Anda baca sendiri di bukunya. Saya kira, semua cerita sukses sering kali dilandasi oleh keyakinan. Banyak sekali gagasan tidak masuk akal, tetapi karena keyakinan si pengagasnya, kemudian terbukti menghasilkan kekayaan.

Silahkan Anda cermati kisah-kisah orang sukses. Akan ada terselip kisah keyakinan, baik sengaja diceritakan maupun tidak.

Penutup

Sampai sejauh ini kita sudah membahas 2 resep menuju kekayaan, yaitu:

  1. Keinginan yang menyala-nyala (burning desire) akan kekayaan.
  2. Keyakinan yang kuat bahwa Anda akan bisa mencapainya.

Tentu saja sudah dilengkapi bagaimana teknik merumuskan keinginan dan bagaimana cara membangun keyakinan.

Saya sering melihat dengan kepala saya sendiri, hanya dengan 2 modal ini, mereka bisa mencapai apa yang mereka inginkan.

Memang dibutuhkan usaha, ilmu, aset, dan sebagainya. Tapi semuanya akan otomatis didapatkan jika kita memiliki keinginan yang menyala-nyala dan keyakinan yang kuat.

Kembali ke Berpikir dan Menjadi Kaya

Bab Sebelumnya: Keinginan Yang Sangat Kuat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield