The Power of System: Cara Mencapai Tujuan Bisnis dan Hidup

Apakah Anda sudah punya tujuan? Sudah mengetahui cara mencapai tujuan Anda?

Punya tujuan saja tidak cukup. Memiliki tujuan barulah langkah awal, harus ada langkah selanjutnya agar kita bisa meraih tujuan tersebut.

Apa saja yang akan Anda lakukan untuk meraih tujuan Anda?

Jika Anda masih bingung apa saja yang akan Anda lakukan dalam meraih tujuan Anda, maka Anda tidak akan pernah mencapai tujuan Anda, baik itu tujuan bisnis atau hidup lainnya.

cara mencapai tujuan

Untuk Mencapai Tujuan Anda Membutuhkan Sebuah Sistem

Kenapa?

Saya sering menterjemahkan sistem adalah cara yang benar melakukan sesuatu yang dilakukan terus menerus secara konsisten. Bukan terjemah sebenarnya, tapi cukup untuk menyederhanakan pemahaman tentang sistem.

Sistem sering digunakan di berbagai perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, jika kita bisa sistem manajemen mutu atau Quality Management System, maka dibuatnya sistem agar tercapainya tujuan berkaitan dengan kualitas atau mutu.

Bagaimana  pekerjaan-pekerjaan harus dilakukan agar produk gagal sedikit, dibawah sekian persen. Sistem dibuat, kemudian dijalankan, diaudit, dievaluasi, dan ditingkatkan. Tanpa sistem, kita tidak bisa mencapai tujuan secara konsisten.

Terjemah: Sistem yang bagus akan memperpendek jalan menuju tujuan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sistem tidak perlu rumit. Kerumitan sistem akan mengikuti seberapa besar tujuan Anda. Jika Anda sudah terbiasa, sistem tidak begitu rumit lagi. Lagi pula Anda bisa mulai membangun sistem secara bertahap, mulai dari yang sederhana terlebih dahulu.

Sistem dibuat bukan untuk memperumit hidup Anda, justru untuk mempermudah. Membuat sistem itu cukup sekali tetapi akan memudahkan hidup Anda selanjutnya. Kalau pun ada perbaikan, itu pun dilakukan secara bertahap.

Sistem Akan Membantu Fokus

Dengan sistem, Anda akan mengetahui apa saja tindakan yang dibutuhkan, maka Anda bisa fokus pada tindakan-tindakan tersebut. Anda tidak melakukan tindakan secara acak atau random. Tapi fokus pada tindakan-tindakan yang akan menghantarkan Anda ke tujuan Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah konsisten dengan sistem yang sudah terbukti dan terus diperbaiki. Setiap hari, jika Anda konsisten dengan sistem, maka akan semakin dekat dengan tujuan yang sudah Anda tetapkan.

Banyak orang yang tidak mencapai tujuan karena dia sering berbelok arah. Atau ada juga yang sering ganti cara. Sehingga pekerjaan akan selalu kembali ke nol dan membutuhkan waktu dan energi yang lama.

Tidak fokus dan tidak terukur adalah salah satu cara gagal mencapai tujuan Anda. Sistem juga bisa membantu kita menetapkan ukuran atau kriteria tindakan kita.

Beberapa Contoh Penerapan Sistem Sederhana

Misalnya seorang penulis ingin menyelesaikan sebuah buku. Ini goal atau tujuan. Lalu bagaimana sistemnya agar tujuannya bisa tercapai? Mungkin Anda sudah bisa menjawab, ya “menulis setiap hari” adalah sebuah sistem untuk mencapai tujuan menulis sebuah buku.

Tujuan akan terukur kapan terselesaikan jika pada sistem juga kita sudah tetapkan ukurannya. Misalnya target buku dengan jumlah 100.000 kata. Maka jika kita ingin menyelesaikan dalam 100 hari, targetkan menulis 1000 kata setiap harinya.

Jika Anda konsisten menulis 1000 kata setiap hari, fokus pada pekerjaan ini, maka dalam 100 hari buku Anda sudah selesai. Tidak perlu memikirkan 100.000 kata, tapi fokus pada 1000 kata yang Anda tulis setiap hari.

Jika Anda ingin langsing, misalnya turun 5 kg dalam 1 bulan. Jangan fokus pada tujuannya, tetapi fokus pada sistem bagaimana cara meraihnya. Misalnya dengan menjaga asupan kalori harian. Atau berolah raga untuk membakar kalori.

Tidak rumit bukan? Lalu bagaimana jika kita bingung membuat sistem?

Sistem Berdasarkan Data dan Pengetahuan

Kita bingung karena kita tidak mengetahui data dan ilmunya. Jika Anda mengetahui jumlah kalori nasi, maka Anda sudah bisa mengukur asupan nasi setiap harinya. Jika Anda sudah mengetahui kalori yang dibakar setiap 1 kg lari, maka Anda sudah mengetahui berapa km yang akan Anda tempuh setiap harinya.

Nah, saat Anda akan mencapai tujuan besar, maka ilmu dan data yang perlu dipertimbangkan akan menyesuaikan. Bagaimana cara meraih penghasilan Rp 100.000.000 per bulan? Maka Anda butuh pengetahuan dan data berkaitan cara meraihnya.

“Tapi saya tidak tau.”

Terus?

Ya kalau belum mengetahuinya, belajarlah. Agar Anda bisa membuat sistem, kemudian konsisten mempraktekan sistem setiap hari. Belajar adalah bagian dari sistem itu. Tanpa belajar, sistem tidak akan bisa kita buat.

Sebenarnya belajar tidaklah serumit yang Anda kira. Banyak sumber belajar, banyak buku sudah diterbitkan, pelatihan workshop ada dimana-mana. Kuncinya kita mau atau tidak?

Terjemah: Kunci Sukses adalah dedikasi pada belajar terus-menerus.

Seringkali sistem yang dibutuhkan tidak rumit, sederhana. Karena kunci keberhasilan sistem justru bukan pada kerumitannya, tetapi bisa dilakukan dan membawa hasil.

Tidak sedikit pebisnis online yang meraih hasil ratusan juta hanya dengan sistem bisnis yang sederhana, yaitu menulis konten setiap hari. Simple bukan?

Yang membuat orang tidak bisa menjalankan sering kali bukan karena sistemnya, tetapi lebih kepada pribadinya yang tidak konsisten, mudah menyerah, dan malas.

Cara Membangun Sistem

OK, sejauh ini sudah menerima pentingnya sebuah sistem. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Langkah pertama tentu Anda harus sudah memiliki tujuan yang jelas. Jika belum memiliki tujuan, lalu membuat sistem buat apa?

Langkah kedua adalah belajar. Anda bisa mengadaptasi sistem yang dilakukan oleh orang lain yang sudah terbukti berhasil. Nah disini, saat Anda belajar, fokus untuk memahami sistemnya, bukan tekniknya.

Banyak orang terfokus pada tekniknya. Padahal yang lebih berharga dibandingkan dengan teknik adalah sistem. Teknik bisa dipelajari, banyak sekali panduan di luar sana. Fokus memahami sistem yang dia lakukan sehingga dia bisa mencapai tujuannya.

Jika Anda tidak bisa menangkap sistem, maka gali terus sampai memahaminya. Kadang orang sukses tidak berpikir sistemik, meski pun mereka sudah bertindak sesuai sistem tertentu. Tugas Anda menangkapnya meski tidak dijelaskan secara gamblang.

OK, silahkan jawab pertanyaan ini:

  • Apa (saja) tindakan yang harus dilakukan secara konsisten untuk meraih tujuan Anda?
  • Bagaimana cara melakukan tindakan tersebut agar hasilnya nyata?
  • Apa ukurannya bahwa Anda sudah menyelesaikan tindakan tersebut?

Contoh: menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 bulan kedepan.

  • Tindakan yang Anda lakukan adalah: lari setiap hari.
  • Disini Anda harus belajar, cara lari yang benar agar bisa menurunkan berat badan, sehingga mengetahui seperti apa lari yang menghasilkan.
  • Anda juga perlu mengetahui batasan minimal lari yang cukup. Bisa diukur dari jarak atau waktu.

Nanti Anda akan mengetahui tindakan apa yang dilakukan setiap hari, cara lari yang benar, dan berapa km per hari. Inilah sistem Anda menurunkan berat badan.

Untuk tujuan bisnis, silahkan sesuaikan.

Langkah ketiga cobalah sistem yang sudah Anda susun. Sistem ini boleh hasil adaptasi sistem orang lain, tidak masalah. Tentu Anda tuliskan ke dalam kertas. Kemudian cobalah. Berikan waktu yang cukup untuk melihat hasilnya.

Bersiaplah untuk gagal. Kenapa? Sistem yang berhasil pada orang lain belum tentu berhasil untuk kita. Kenapa? Karena latar belakang kita, waktu, kondisi pasar, dan sebagainya berbeda. Jadi jangan salahkan ilmunya, jangan salahkan gurunya. Memang tidak salah koq.

Gagal itu wajar.

Langkah keempat lakukan evaluasi terhadap apa yang sudah Anda lakukan. Dari sana Anda bisa menemukan ide-ide perbaikan. Perbaikan dan penyesuaian akan dibutuhkan agar sistem tersebut benar-benar cocok dengan Anda, waktu, dan kondisi.

Lakukan kelima perbaikan sistem secara terus-menerus. Tidak ada sistem yang sempurna. Di luar sana segalanya berubah, maka sistem akan membutuhkan perubahan terus-menerus agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Sistem yang sudah terbukti berhasil pun bisa jadi usang jika tidak dilakukan perbaikan.

Terjemah: Jalan menuju sukses selalu dalam perbaikan

Berbicara terhadap perbaikan sistem, beri waktu untuk melihat hasilnya. Dalam bisnis biasanya ada audit tahunan untuk melihat sejauh mana sistem masih berjalan atau tidak. Jangan terlalu sering mengubah sistem, karena jika berubah-ubah bukan sistem namanya.

Jangan mengubah tindakan sebelum mengubah sistem. Ini penting karena jika bertindak tidak sesuai sistem, lalu buat apa ada sistem? Jika memang sistem Anda perlu diperbaiki, maka ubah dulu sistem kemudian ubah tindakan Anda mengikuti sistem.

Sistem Yang Berhasil

Kunci sistem yang berhasil adalah sistem yang bisa dilakukan secara rutin dan konsisten. Bukan sistem jika tidak bisa dilakukan secara terus-menerus. Sistem yang rumit tidak akan menjamin keberhasilan Anda.

Untuk itu Anda bisa memulai dengan membuat sistem yang sederhana dan mudah terlebih dahulu. Apa yang bisa Anda lakukan setiap hari yang akan mendekatkan Anda pada tujuan? Maka lakukan saja dulu itu sebagai sistem.

Kebiasaan kecil, jika Anda tepat memilih kebiasaan itu, akan membawa kepada keberhasilan dibandingkan tindakan besar yang tidak konsisten. Bukan berarti harus selalu kecil, tapi mulailah dari kecil. Jika tindakan Anda kecil terus, akan lama menuju sukses besar.

Terjemah: Sukses adalah jumlah dari tindakan kecil, diulangi setiap hari.

Mulailah dari yang kecil, kemudian kembangkan menjadi sebuah sistem yang kokoh dan memiliki kecepatan. Butuh waktu untuk membangun sistem yang hebat. Tapi cukup cepat untuk memulai membangun sistem yang sederhana.

Selanjutnya: Cara Membangun Sistem Untuk Meraih Tujuan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield