Tidak Ada Rahasia Sukses – Anda Hanya Membutuhkan Ini

Pernahkah Anda berpikir, apa rahasia sukses itu? Mengapa orang lain sukses tetapi Anda belum sukses. Adakah rahasia dimana dia (orang yang sukses) mengetahuinya sementara Anda tidak?

Sebenarnya tidak ada rahasia sukses. Yang ada hanyalah cara sukses. Cara itu bisa kita tiru, bisa kita ikuti, bisa kita lakukan. Jika kita benar-benar sudah meniru cara yang dilakukan orang lain, tetapi belum juga sukses, artinya masih ada yang salah, masih ada yang kurang. Kita belum benar-benar meniru dengan persis apa yang dilakukan orang lain.

Lagi pula, kondisi setiap orang itu berbeda. Bisa jadi apa yang dilakukan orang lain dan berhasil untuk dia, belum tentu berhasil Anda lakukan. Karena kondisi setiap orang itu berbeda. Pengalaman berbeda, skill berbeda, ilmu berbeda, kondisi yang berbeda, dan sebagainya.

Tapi ada sebuah rahasia, eh tidak ada rahasia, bahwa ada prinsip-prinsip sukses yang bisa diterapkan oleh semua orang. Yang perlu Anda lakukan adalah penyesuaian berkaitan hal-hal teknis dan detail yang disesuaikan dengan diri Anda. Disesuaikan dengan kapan Anda bertindak, karena kemarin bisa berhasil, belum tentu hari ini.

Tidak Ada Rahasia Sukses, Tapi Ketahui Prinsip dan Cara Sukses

tidak ada rahasia sukses

Prinsip Sukses

Apa sich sukses itu? Memahami definisi sukses sama saja kita sudah memahami prinsip sukses. Jika Anda tidak memahami apa itu definisi sukses, maka Anda tidak akan pernah meraih sukses.

Mungkin Anda pernah membaca, apa sich sukses itu. Dan banyak orang memberikan definisi yang malah membuat kita bingung. Buat apa?

Sukses itu sederhana:

Sukses adalah mendapatkan apa yang Anda inginkan. ~ Dale Carnegie

Udah, definisi sukses sesederhana itu. Tidak usah dibuat rumit. Kalau ada yang mengatakan definisi sukses itu berbeda-beda, artinya kriteria sukses itu yang berbeda-beda dan keinginan setiap orang juga berbeda-beda.

Ada orang yang ingin terkenal. Maka saat dia sudah terkenal, dia sudah sukses, meski miskin. Jadi kaya miskin belum tentu menjadi ukuran sukses, tergantung apa yang dinginkan masing-masing.

Berbeda, jika Anda ingin kaya, maka kaya menjadi tolak ukur sukses Anda. Lebih tepatnya, seberapa kaya yang Anda inginkan. Ada yang menganggap punya penghasilan Rp 30.000.000 per bulan sudah kaya. Bisa saja, jika itu yang Anda inginkan. Tapi, ada juga yang menginginkan penghasilan Rp 1M per bulan. Yah, keinginan setiap orang itu berbeda-beda.

Intinya apa sich yang Anda inginkan? Keinginan adalah awal Anda menjadi sukses. Keinginan juga awal Anda menjadi kaya. Keinginan awal Anda ingin langsing. Kemudian tetapkan ukuran spesifiknya. Berapa penghasilan Anda perbulan? Berapa berat badan yang Anda inginkan? Silahkan.

Cara meraih sukses, secara prinsip itu sederhana. Jika Anda ingin sebuah benda, maka Anda harus mau membayarnya. Misalnya jika Anda ingin sebuah laptop atau tablet, maka Anda harus mau membayarnya.

Cara Meraih Sukses

Jika Anda mau uang, maka Anda harus menjual sesuatu atau bekerja. Jika Anda ingin ke sebuah tempat, maka Anda harus bersedia menempuh perjalanannya. Sukses seperti itu.

Jika Anda menginginkan sesuatu, maka Anda harus bersedia melakukan apa pun yang diperlukan untuk meraih apa yang Anda inginkan. Inilah cara sukses.

Meraih sukses bisa mudah bisa juga gampang. Tergantung sebesar apa keinginan Anda. Jika Anda hanya ingin bekerja ini lebih mudah dibandingkan Anda ingin bekerja dengan gaji Rp 30.000.000 per bulan. Jika dapat kerja saja susah, maka kerja dengan gaji tinggi lebih susah.

Apakah harus punya keinginan besar atau keinginan kecil? Itu semua pilihan Anda. Yang penting Anda harus siap menerima konsekuensi dari masing-masing pilihan. Jika Anda hanya ingin asal bekerja, maka jangan mengeluh saat sudah bekerja tetapi gajinya kecil. Itu keinginan Anda.

Jika Anda ingin kerja dengan gaji besar, maka Anda juga harus siap menerima konsekuensinya karena cara meraihnya akan lebih susah. Bayarannya akan lebih mahal. Wajar bukan?

Bolehkan bertahap? Boleh saja, itu pilihan dan keputusan Anda. Tapi saran dari para ahli sukses, miliki keinginan besar capai dengan cara bertahap. Jadi yang bertahap itu adalah cara meraih suksesnya.

Cara meraih sukses itu adalah BERTINDAK. Hanya saja, sebelumnya Anda harus mengetahui mau bertindak apa dan bagaimana cara melakukannya. Butuh rencana, ilmu, dan skill agar Anda bisa bertindak secara efektif.

Ketangguhan Mental Adalah Penting Untuk Sukses

Jika Anda memiliki keinginan sukses besar, maka akan dibutuhkan perjalanan panjang, banyak hal yang harus dilakukan, dan banyak hal yang harus dikorbankan serta menghadapi berbagai kesulitan. Dan kondisi seperti itu menggoda orang untuk menyerah. Maka Anda membutuhkan apa yang disebut dengan ketangguhan mental.

Anda harus menjadi orang yang tangguh, agar Anda mampu meraih berbagai pencapaian. Kebalikan orang yang tangguh adalah orang yang mudah menyerah. Jika Anda menyerah sebelum apa yang Anda inginkan tercapai, artinya Anda tidak sukses. Orang sukses tidak pernah menyerah.

Ya, seperti dikatakan oleh Vince Lombardi, Ketangguhan Mental adalah penting untuk sukses.

Banyak orang yang punya keinginan, tetapi tidak tangguh untuk meraihnya. Tidak tahan dengan lamanya meraih keinginan. Tidak mau mengalami kesulitan melakukan berbagai hal. Tidak bangkit saat mengalami kegagalan. Maka, sukses tidak akan pernah diraih.

Jika Anda berpikir untuk meraih sukses itu jalannya mulus, maka itu hanya bisa untuk sukses kecil. Untuk sukses besar tidak, jalan menanjak, jalan panjang, jalan berliku, jalan penuh kerikil. Itulah yang dilalui oleh mereka yang sudah meraih sukses besar saat ini. Dan hanya orang yang tangguh yang bisa melaluinya.

Mereka tidak berhenti saat bingung. Tidak mengeluh saat kondisi tidak mendukung. Cepat bangkit saat mengalami kegagalan. Terus bekerja meski capek dan bosan. Terus melawan balik meski mereka pernah kalah. Terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas pribadi tidak kenal henti.

Yang sering saya lihat, diantara mereka yang gagal bukan karena uang, bukan karena keterampilan, bukan karena pendidikan, atau bukan karena peluang. Tetapi karena mereka tidak memiliki ketangguhan mental.

Jika memang, bisnisnya membutuh uang untuk sukses, maka mereka akan berusaha dengan tangguh bagaimana cara mendapatkan uang. Apa pun mereka lakukan (selama halal) untuk mendapatkan uang tersebut. Tidak akan mengeluh dan tidak akan berhenti sampai tercapai.

Jika untuk sukses itu membutuhkan keterampilan sementara dia belum bisa, maka dia akan berusaha keras agar dia menguasai keterampilan itu. Dia akan belajar, mencoba dan melatih sampai bisa. Jika belum bisa saja, dia belajar lagi, dia mencoba lagi, dan berlatih lagi. Sampai kapan? Sampai bisa. Itulah mental yang tangguh.

Jika untuk sukses itu membutuhkan peluang yang tepat, maka mereka akan terus mencari peluang itu dan mempersiapakan diri agar saat peluang datang mereka sukses siap.

Apa pun titik kritis yang menghambat dia melaju, dia akan berusaha untuk melampauinya sampai dia bisa bergerak terus menerus. Ciri orang yang memiliki mental yang tangguh adalah terus bergerak dan memiliki daya tahan yang kuat. Mereka tidak mudah kalah, tidak mudah menyerah, sampai apa yang mereka inginkan berhasil.

Jadi, tidak ada rahasia sukses, yang dibutuhkan hanyalah mengetahui cara meraih apa yang Anda inginkan dan tangguh saat Anda sedang berusaha meraihnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield