4 Langkah Cara Menjadi Orang Hebat dan Sukses

Anda tertarik membaca cara menjadi orang hebat dan sukses.

Apakah Anda merasa tidak hebat, tidak bisa, atau tidak mampu?

Ini adalah langkah bagus. Anda mencari tahu bagaimana cara menjadi orang hebat dan sukses.

Kebanyakan orang di luar sana, mereka menyerah dengan ketidak berdayaan mereka. Saat mereka mengatakan “tidak bisa”, mereka menganggap bisa mengubahnya.

Dan Anda luar biasa. Jika Anda membaca artikel ini, artinya Anda memiliki keyakinan bahwa Anda bisa berubah. Anda bisa menjadi orang hebat, orang sukses, orang yang mampu, orang yang terampil, dan kualitas lainnya yang dibutuhkan agar sukses.

Keyakinan adalah modal penting Anda. Keyakinan Anda bisa menjadi orang hebat adalah langkah awal Anda menjadi orang hebat.

Baiklah, akan saya bahas bagaimana cara menjadi orang hebat.

Langkah Pertama: Katakan “Saya Orang Hebat”

saya orang hebat

Ini langkah awal, membangun keyakinan bahwa Anda orang hebat. Saya melakukannya. Orang-orang hebat dan sukses melakukannya. Ada yang sengaja, ada yang tanpa sadar, tetapi mereka terus membangun dan memupuk keyakinannya.

Betulkah Kehebatan Itu Mengalir Dari Keturunan?

Banyak kasus, keyakinan dibentuk tanpa sengaja. Sebagai contoh, jika seseorang hidup di keluarga pedagang dan pebisnis sukses, kemudian anaknya menjadi pedagang atau pebisnis sukses.

Banyak yang mengatakan, “sudah mengalir di darahnya”. Padahal bukan itu. Si anak melihat orang tuanya sukses berdagang, secara tanpa sadar dia sedang membangun keyakinan bahwa dia juga akan sukses berdagang sehebat orang tuanya. Memang tidak selalu, tapi banyak terjadi.

Jangan Biarkan Anda Dibentuk Tanpa Sadar Oleh Lingkungan

Yang menjadi masalah, sebagian orang tanpa sadar terbangun keyakinan negatif. Apa yang dia lihat, apa yang dia baca, apa yang dia dengar baik dari media dan orang-orang terdekat akan membentuk keyakinannya. Sering kali, apa yang kita lihat, baca, dan dengar adalah hal-hal negatif sehingga membentuk keyakinan negatif.

“Bisnis itu susah, harus punya modal.”

Salah satu contoh kata-kata yang sering kita dengan dari orang-orang sekitar. Tanpa sadar, kita mengiyakan dan menjadi keyakinan kita. Sehingga tanpa sadar, kita yakin bisnis itu susah.

Kebanyakan orang, tanpa sadar membiarkan dirinya terbentuk oleh lingkungan. Jika kebetulan positif, itu bagus. Jika kebetulan negatif, maka kita harus mengubah programnya. Kabar baiknya, kita bisa membentuk keyakinan kita.

Jika Anda saat ini merasa tidak hebat, tidak layak dan mampu untuk sukses, karena tanpa sadar Anda terprogram oleh lingkungan untuk memiliki keyakinan tersebut. Anda bisa mengubahnya.

Mulailah Membentuk Keyakinan Diri

Salah satu cara sederhanya adalah dengan sering mengatakan “Saya orang hebat”. Ini bukan sombong. Karena sebenarnya setiap manusia sudah diciptakan hebat dengan segala potensinya. Hanya saja keyakinan kita yang terprogram menjadi merasa tidak hebat. Mengatakan “saya orang hebat”, sejatinya mengembalikan diri Anda pada posisi semestinya. Ya orang hebat!

Tentu ada cara lain seperti yang saya bahas di ebook Beautiful Mind Power. Untuk saat Anda, Anda bisa memulai dengan mengulang-ngulang kalimat diatas. Ini disebut afirmasi. Sebuah cara memprogram pikiran agar memiliki keyakinan yang seharusnya. Bukan keyakinan yang dibentuk tanpa sadar oleh lingkungan kita.

Tentu tidak mudah. Anda sudah dibentuk keyakinan selama puluhan tahun, tentu akan membutuhkan waktu untuk membentuk ulang keyakinan Anda. Bershabarlah, terus bangun keyakinan diri.

Langkah kedua: Inventarisasikan Aset Pribadi Anda

Salah satu penyebab mengapa banyak orang merasa tidak hebat karena mereka fokus pada kekurangan diri. Padahal, semua orang punya kekurangan. Saya punya. Semua orang-orang hebat, pada bidang apa pun, ada saja kekurangannya. Kita tidak melihatnya karena kita fokus melihat kelebihannya.

Sebaliknya, untuk diri sendiri, banyak orang fokus pada kekurangannya dan lupa pada kelebihannya. Inilah mengapa banyak orang yang merasa tidak hebat, merasa tidak berdaya. Mungkin kita banyak kekurangan, sedikit kelebihan. Faktanya, banyak orang sukses hanya dengan memanfaatkan satu kelebihan saja.

Lihat Perubahan Yang Pernah Anda Alami

Ini adalah salah satu teknik sederhana yang sering diabaikan namun akan menyadarkan kita bahwa kita bisa berubah. Mungkin saat ini, kita tidak memiliki ilmu dan kemampuan yang cukup untuk meraih prestasi tertentu. Namun sadarilah bahwa selama ini Anda sudah melalui banyak perubahan.

Coba invetaris, catat, apa saja yang sebelumnya Anda tidak bisa sekarang menjadi bisa. Silahkan catat. Saya yakin akan banyak. Jika tidak Anda, Anda malas berpikir. Jika Anda mau berpikir, mengevaluasi hidup Anda, menghubungkan titik-titik Anda ke belakang, sebenarnya sudah banyak perubahan yang terjadi pada diri Anda.

Jika dulu pernah berubah, maka besok lusa pun Anda bisa berubah menjadi lebih baik. Perubahan itu diraih jika Anda jelas mau berubah ke arah mana, kemudian belajar dan praktek. Lama-lama akan berubah.

Lihat Aset Non Materi Yang Anda Miliki

Banyak yang merasa tidak hebat karena merasa tidak memiliki apa-apa. Mungkin saja, secara materi atau kekayaan Anda belum memilikinya. Tetapi bukan berarti tidak hebat. Anda punya banyak aset yang sebenarnya Anda sudah miliki. Cobalah pikirkan, tuliskan, dan Anda akan takjub sebenarnya banyak yang sudah Anda miliki.

Mulai dengan aset berupa ilmu, keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan. Itu semua aset. Bahkan, masalah-masalah yang pernah Anda hadapi, itu adalah aset. Pelajaran berharga untuk Anda dan juga bisa Anda bagi untuk orang lain.

Aset juga bisa berupa orang yang terhubung dengan Anda, yang mendukung Anda, yang menyayangi Anda. Bisa keluarga, pasangan, teman, tetangga, dan sebagainya. Orang-orang itu, jika kita bisa mengotimalkan yang saling menguntungkan, akan menjadi aset yang luar biasa.

Waktu Anda Digunakan Untuk Apa Saja Selama Ini?

Setiap orang itu berharga, setiap orang itu hebat. Sayangnya banyak orang yang menyia-nyiakannya. Mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, tidak penting, dan tidak bernilai. Bisa saja, jika Anda lebih memanfaatkan waktu dengan baik, Anda bisa meraih pencapaian yang luar biasa.

Ada orang yang tiba-tiba dalam waktu singkat meraih pencapaian luar biasa setelah dia menginventarisir waktunya. Dia mencatat aktivitas sehari-hari dan dia menemukan bahwa banyak waktu yang sia-sia. Saat dia mengoptimalkan waktunya ke hal yang lebih bermanfaat, maka prestasi hebat pun diraih.

Langkah Ketiga: Bertumbuhlah

pengembangan diri

Kenapa banyak orang yang tidak hebat? Karena kebanyakan orang tidak menginvestasikan waktu dan uang untuk meningkatkan kualitas dirinya. Istilahnya mengembangkan dirinya.

Jika Anda mengenal latar belakang para pesepakbola yang hebat, Ronaldo dan Mesi misalnya, mereka bisa hebat bukan semata-mata bakat, tetapi buah dari latihan keras setiap harinya selama bertahun-tahun. Bukan tiba-tiba hebat. Kehebatan mereka, karena mereka mengembangkan dirinya.

Mulailah Dengan Mengembangkan Mindset

Salah satu kesalahan yang sering terjadi, justru banyak orang melupakan mindset atau pikiran. Banyak orang yang lebih suka praktek alias fokus ke teknis. Padahal 88% keberhasilan Anda ditentukan oleh mindset Anda.

Dan ini juga memang tidak mudah. Mengembangkan mindset sukses dalam diri kita bukan hal mudah. Pikiran kita akan kalah oleh emosi, jika emosi kita tidak bisa kita kendalikan. Kita akan lebih mudah menolak mindset yang memberdayakan jika tidak sesuai dengan emosi kita.

Emosi malas dan takut itu cukup mendominasi banyak orang. Mindset sukses yang bertabrakan dengan salah satu emosi tersebut sering ditolak, dibantah, dan tidak diterimanya. Ada orang yang ngasih tahu dibantah, motivator diolok-olok, dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin menjadi hebat, mulailah dengan berpikir jernih. Selama ini kita tanpa sadar dibentuk oleh lingkungan. Mindset kita bentuk tanpa sengaja. Jika kita tidak hebat, karena itulah mindset yang terbentuk pada diri Anda. Anda perlu mengubahnya.

Langkah pertama Anda perlu membuka pikiran Anda. Bahwa apa yang selama ini dalam pikiran Anda (keyakinan dan prinsip) bisa saja salah, kecuali yang dari Al Quran dan Hadist Sahih. Jika bukan dari kedua sumber tersebut, masih bisa dipertanyakan. Kata orang bahkan kata banyak orang, itu belum tentu benar.

Mulai sekarang, apa kata orang, itu belum tentu benar. Termasuk kata Anda sendiri (yang sebenarnya pengaruh dari orang lain) juga belum tentu benar. Pertanyakan saja, evaluasi, apakah itu benar atau tidak.

Saya beritahu, setelah saya memulai melakukan hal ini, banyak sekali perkataan-perkataan yang BS. Yang tidak berarti dan jauh dari kebenaran tetapi diikuti orang. Bahkan perkataan yang dikemas dengan indah seperti kata-kata mutiara.

Langkah kedua: berpikir jernih dengan melepaskan diri dari pengaruh emosi. Banyak orang yang merasa sudah berpikir, padahal belum berpikir. Baru merasa berpikir.

Pengaruh emosi kita akan memilih mindset yang kita terima. Jika kita dikuasai oleh ketakutan misalnya, saat kita mendengar kata-kata yang mendukung ketakutan kita, maka kita akan menerimanya dengan senang hati. Banyak orang yang menolak kata-kata yang memberdayakan, karena bertolak belakang dengan kemalasannya.

Kita harus sadar, akan selalu ada pengaruh emosi yang mempengaruhi keputusan atau kesimpulan Anda. Bertanyalah pada diri Anda: “Apakah ada pengerauh emosi (kemalasan/ketakutan/lainnya) dalam mengambil kesimpulan ini?”

Memang tidak mudah, tetapi Anda mau tidak mau harus melakukan secara terus-menerus. Semakin berkurang mindset BS dan bertambahnya mindset yang memberdayakan, maka Anda akan semakin hebat.

Kembangkan Ilmu Dan Pengetahuan

Kembali ke masalah mindset. Ada mindset salah dari orang-orang yang malas belajar, yaitu “teori tidak berguna yang penting praktek.” Seolah ini mindset yang benar. Dulu juga saya sepakat. Ternyata ini hanya dorongan kemalasan belajar saja.

Teori itu hasil praktek orang lain, bisa ratusan tahun dari banyak orang. Itu bisa menghemat waktu kita dalam praktek. Dengan belajar dari orang lain, sebenarnya kita bisa menghemat bertahun-tahun dalam praktek. Jika sudah ada jalan raya yang sudah jadi, kenapa harus membuat jalan baru?

Untuk menjadi hebat, Anda harus mengetahui apa saja yang membuat Anda hebat. Jika Anda mau menjadi karyawan hebat, coba apa saja yang dibutuhkan dan harus dilakukan untuk menjadi karyawan hebat? Atau pebisnis hebat? Atau orang tua yang hebat?

Sebelum bertindak, Anda harus mengetahui dan punya ilmu Anda harus bertindak apa saja. Belajarlah. Banyak buku, ebook, video, pelatihan, seminar, dan sebagainya untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

Yang salah satu itu terus menerus belajar ilmu dan pengetahuan tanpa penerapan atau tanpa praktek.

Kembangkan Kemampuan Anda

Kemampuan melakukan sesuatu itu bisa dilatih. Para pembicara bisa memukau audiensnya karena dia mengembangkan kemampuan bicaranya. Begitu juga pesulap, penyanyi, bintang olah raga, para CEO, dan sebagainya. Mereka hebat karena mereka mengembangkan kemampuannya.

Sekarang sudah banyak ilmu dan metode bagaimana cara mengembangkan kemampuan. Tidak harus bergantung pada bakat. Siapa pun bisa melakukan sesuatu dengan hebat jika mau mengembangkan kemampuannya.

Tahapan dasarnya untuk memiliki kemampuan hebat adalah:

  1. Belajar cara melakukan yang benar.
  2. Mencoba melakukannya, mengulangnya hingga bisa.
  3. Berlatih hingga lancar.
  4. Membiasakan dan menambah jam terbang hingga menjadi mahir atau hebat.
  5. Mengukur hasil, mengevaluasi, dan memperbaikinya secara berkesinambungan.

Banyak orang yang gagal di langkah 1. Mereka yang mengeluh “tidak bisa” tetapi tidak pernah belajar. Ada juga yang gagal di langkah 2, dia mencoba, gagal, dan menyerah. Ada juga yang gagal di langkah 3, dia bosan berlatih kemudian berhenti. Jika sampai langkah 3 saja sudah gagal, lupakan menjadi hebat.

Langkah Keempat: Kembangkan Sistem Terbaik

Saat kualitas diri yang yang sudah hebat, kemudian didukung dengan sistem terbaik melakukan sesuatu, maka akan memberikan hasil yang luar biasa. Anda harus terus mengembangkan sistem yang terbaik untuk memberikan hasil yang setidaknya konsisten bahkan semakin baik.

Untuk bahasan mengembangkan sistem, sudah saya bahas di artikel ini.

Penutup: Disiplin

Inilah 4 langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi hebat. Yang tidak boleh dilupakan adalah Anda harus disiplin melakukannya. Jika tidak, Anda tidak akan pernah menjadi hebat. Orang-orang sukses dan hebat diluar sana, mereka punya tingkat disiplin yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield