Cara Membuat Sistem Terbaik Untuk Sukses Anda

  • by

Ini masih kelanjutan pembahasan tentang sistem. Saya sudah membahas tentang pentingnya sistem dan bagaimana cara membangun sistem yang benar. Bagi yang belum membaca, sebaiknya silahkan baca dulu.

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara membuat sistem yang terbaik. Sebelumnya kita sudah belajar membuat sistem. Pertanyaanya, apakah itu sistem terbaik? Bisa saja sistem tadi belumlah sempurna bahkan sistem yang salah.

Untuk mendapatkan sistem terbaik, ada usaha yang perlu kita lakukan.

Cara Membuat Sistem Terbaik Untuk Sukses Anda

Ada Sistem Terbaik Untuk Sukses Anda

Ini adalah prinsip atau mindset atau keyakinan bahwa ada sistem yang terbaik, yang menjadikan Anda bekerja lebih efektif, efisien, produktif, dan memberikan hasil yang konsisten. Jika sistem Anda saat ini belum memberikan hasil yang terbaik, itu wajar, itu tidak masalah.

Evaluasi Sistem Yang Sudah Ada

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, Anda tidak harus membuat sistem. Anda bisa membuat sistem berdasarkan ilmu yang Anda miliki. Anda bisa belajar dari buku, ebook, pelatihan, dan sebagainya. Kemudian membuat sistem dan terapkan.

Hasilnya? Bisa berhasil bisa tidak. Jika tidak berhasil, itu wajar. Anda tidak perlu memaki ilmu atau teori. Bukan teori yang salah, karena kondisinya bisa saja berbeda. Kemungkinan sebuah ilmu atau teori tidak berhasil karena berbagai faktor.

  1. Cara Anda atau keterampilan Anda yang masih kurang. Termasuk pengalaman dan sebagainya. Bukankah resep yang sama bisa menghasilkan masakan rasa berbeda jika dimasak oleh orang berbeda?
  2. Kondisinya yang berbeda. Jika dalam bisnis, kondisi pasar yang berbeda. Cara promosi yang setahun yang lalu berhasil, belum tentu akan berhasil saat ini. Dan berbagai kondisi lain yang mungkin akan mempengaruhi hasil.

Sistem yang kita buat berdasarkan ilmu atau teori memang tidak pasti berhasil, tetapi setidaknya Anda tidak harus membuat dari nol. Sudah ada dasar dan tugas Anda untuk melakukan perbaikan sampai terbentuk sistem yang terbaik. Yakinlah sistem itu ada.

Setiap Sistem Bisa Diperbaiki

Terlepas apakah sistem saat ini sudah memberikan hasil yang baik atau tidak, keyakinan ada sistem yang terbaik atau setidaknya lebih baik harus ada di kepala kita. Sistem yang ada saat ini bisa Anda perbaiki terus. Bahkan jika hasilnya sudah bagus.

Misalnya Anda punya sistem penjualan yang bisa memberikan sebuah hasil yang konsisten. Mengapa Anda tidak berpikir bagaimana caranya memperbaiki sistem agar bisa menghasilkan 2 kali lipat dengan waktu setengahnya. Artinya 4 kali lipat produktivitas.

Memang bisa?

Kenapa tidak?

Bahkan tidak harus memikirkan strategi dan taktik baru, cukup dengan bagaimana mengelola aktivitas Anda, produktivitas Anda bisa melejit sampai 4 kali lipat. Selengkapnya bisa anda pelajari di ebook Revolusi Waktu. Apalagi Anda bisa menambahkan strategi, taktik, dan teknik yang baru untuk meningkatkan hasil.

Yakinlah, sistem Anda itu belum maksimal.

Keberanian Untuk Mencoba Sistem Baru

Memang suka ada rasa takut untuk mencoba sistem baru. Jika sistem sebelumnya gagal, takut gagal lagi. Jika sistem sebelumnya berhasil, maka takut sistem baru malah lebih jelek atau gagal. Itu wajar. Tapi Anda tidak akan pernah mengetahui apakah bisa memberikan hasil lebih baik, kecuali mencobanya.

Sukses itu dicapai oleh mereka yang bersedia mencoba. Tidak ada ruginya. Jika gagal kita mendapatkan pelajaran. Jika berhasil kita bisa untung lebih besar. Kita bisa lebih produktif. Peluang meraih sukses lebih terbuka dan lebih cepat dicapai.

Bisa Kembali Ke Sistem Lama

Jika Anda merasa takut, Anda bisa kembali ke sistem lama jika gagal atau lebih buruk. Itu tidak masalah. Tidak ada keharusan Anda harus berganti sistem secara permanen. Anda bisa kembali lagi.

Berikan waktu yang cukup untuk menguji. Buatlah ruang untuk kembali. Jangan dulu berubah total. Lakukan percobaan sistem baru yang memungkinkan kembali ke sistem lama. Misalnya jika menggunakan alat, alat lama jangan dibuang dulu. Mungkin akan digunakan kembali.

Cara Mengatasi Ketakutan

Disinilah peran yang tepat ungkapan “jangan terlalu banyak mikir”. Saat Anda sudah membuat sistem baru, berdasarkan keilmuan dan hasil evaluasi, maka lakukan saja. Jangan terlalu banyak memikirkan akibatnya. Anda bisa kembali ke sistem lama, kalau pun ada kerugian, ya terima saja, itu bagian dari resiko.

Berpikirlah untuk persiapan, rencana, dan sistem semaksimal mungkin, tetapi jangan terlalu dipikiran hasilnya. Terlalu memikirkan hasilnya akan membuat kita malah takut dan tidak jadi mencoba. Jadi, lebih baik cobalah.

Memang ada caranya melakukan analisa resiko. Jika itu perlu dilakukan, maka lakukanlah. Apalagi untuk resiko yang besar seperti di perusahaan besar yang melibatkan investasi besar. Ini justru harus, ini salah satu cara untuk mengatasi ketakutan.

Namun untuk pribadi, dengan kerugian yang masih bisa anda terima, maka lakukan saja. Jika berpikir tidak bisa menetralkan rasa takut, maka tindakan akan menetralkannya.

Menemukan Ide-ide Sistem Baru

Kadang kita suka bingung saat mau meningkatkan atau memperbaiki sistem baru. Ya, kita memang membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan ide-ide baru. Untuk itulah, Anda butuh belajar kreativitas.

Anda bisa dengan cara memofikasi sistem lama, dengan tambah kurang, perubahan, pengecilan, pembesaran, pengaturan dan sebagainya. Kemudian coba.

Optimasi Dulu Yang Ada

Kadang sistem itu tidak perlu perombakan besar-besaran. Anda cukup melakukan optimasi saja yang Anda. Bisa jadi, sistem Anda sebenarnya sudah bagus, hanya perlu dioptimasi saja. Coba periksa, bagian apa yang masih kurang, kemudian perbaiki.

Analoginya, jika mesin mobil Anda tidak nyaman, tidak selamanya harus turun mesin, mungkin cukup dengan ganti oli saja.

Optimasi tidak harus melakukan cara baru, hanya memperbaiki cara yang sudah ada. Jika ada sebuah pekerjaan kurang optimal, kurang memberikan hasil, menjadi bottle neck, maka perbaiki saja caranya.

Saran saya, sebelum kita memikirkan ide yang benar-benar baru, akan lebih baik lakukan optimalisasi saja dulu. Ini saja bisa memberikan hasil yang luar biasa.

Belajar Ke Luar Bidang Kita

Sering kali, kita hanya terfokus pada bidang yang sedang kita geluti saja. Ini bisa membuat pikiran kita buntu. Jay Abraham (ahli marketing dunia) menyarankan sebuah metode mencari ide-ide terobosan dengan mempelajari bisnis yang berada di luar bidang kita.

Bisa jadi, apa yang dilakukan pada bidang lain akan berhasil jika diterapkan pada bidang kita. Bisa juga untuk memicu ide-ide baru yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Dan cara ini bisa menghasilkan ide terobosan.

Kesimpulan

  1. Anda harus selalu berpikir bahwa ada sistem yang lebih baik dibandingkan dengan sistem yang sudah ada.
  2. Memikirkan resiko yang mungkin terjadi itu bagus, tetapi jangan terlalu dipikirkan sehingga menghambat tindakan Anda karena takut. Beranilah mencoba, karena cara mengetahui berhasil atau tidak dengan mencoba.
  3. Sistem baru bisa dibuat dengan cara mengoptimalkan sistem yang sudah ada dan/atau menemukan ide-ide segar baru untuk bisa diterapkan. Misalnya dengan mengambil ide dari bidang di luar bidang kita.
  4. Anda akan menemukan sistem terbaik jika yakin ada, mencarinya, dan mencobanya.

Demikian bagaimana caranya membuat sistem yang terbaik bagi kita. Baik sistem untuk pribadi, sistem untuk bisnis, sistem untuk pekerjaan Anda. Jika mau diskusi, boleh melalui form komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield