Mau Sukses? Jadilah Orang Yang Tangguh

Untuk meraih sukses, jadilah orang tangguh. Bukan hanya tangguh secara fisik, namun yang lebih penting adalah tangguh secara mental. Anda harus memiliki mental yang tangguh.

Halangan dan rintangan itu selalu ada. Mereka orang yang sukses saat ini pernah menghadapi halangan dan rintangan, tetapi mereka mencari cara untuk mengatasinya, bukan mencari alasan untuk menyerah.

Jika sukses itu penting bagi Anda, maka Anda akan mencari cara agar bisa meraih sukses itu. Jika Anda benar-benar menginginkan sukses, maka carilah cara, bukan mencari-cari alasan.

Apa manfaatnya mencari alasan?

Tidak ada, kecuali rasa nyaman semu untuk Anda sendiri. Sukses? No!

Hanya Orang Yang Tangguh Yang Bisa Meraih Puncak

mencari cara

Mendaki gunung itu susah, sulit, banyak halangan, banyak rintangan membuat capek, dan sebagainya. Namun karena bagi mereka meraih puncak itu keinginannya, meraih puncak itu penting, maka mereka terus berusaha meraih puncak.

Mereka akan terus meraih puncak, meski sangat sulit.

Berbeda bagi saya, saya tidak mau melakukannya, karena bagi saya itu tidak penting. Tapi saya mau mendaki puncak sukses, dalam bisnis saya, karena itu penting bagi saya.

Jadi, kembali kepada apa yang penting bagi Anda? Apa yang Anda inginkan? Maka untuk mencapainya Anda harus memiliki sebuah ketangguhan mental. Tanpa ketangguhan mental, mungkin Anda bisa mencapai sesuatu, tetapi tidak dengan sukses yang besar.

Meski sulit, meski berat, meski membosankan, meski menyakitkan, jika hasilnya penting bagi Anda, Anda akan mencari jalan. Jika tidak, Anda akan mencari alasan demi alasan yang tidak pernah habis. Terus mencari cara sampai menemukan cara yang benar, itu memerlukan mental yang tangguh.

Mencari Cara Sampai Bisa Adalah Bagian Tak Terpisahkan Dari Meraih Sukses

Banyak diantara kita, sudah sukses melakukan sesuatu, sudah sukses mencapai sesuatu, padahal sebelumnya kita tidak mengetahui caranya. Contoh sederhana, sama seperti kita mampu mengendarai mobil, itu adalah sebuah kesuksesan, padahal sebelumnya kita tidak bisa.

Karena Anda ingin bisa mengendarai mobil atau karena mengendarai mobil itu penting, maka Anda mencari cara sampai bisa. Mungkin Anda mengambil kursus atau belajar kepada teman atau keluarga. Terlepas apa pun caranya, yang penting Anda harus bisa mengendarai mobil.

Begitu juga dalam meraih sukses yang lebih besar. Akan ada kesulitan, halangan, dan rintangan. Maka Anda, jika sukses itu penting, akan mencari cara untuk meraihnya. Bagaimana pun caranya, Anda harus bisa. Anda harus belajar, mencoba, berlatih, dan mengambil resiko. Jika gagal, coba lagi dengan cara yang lebih baik.

Percobaan, kegagalan, latihan demi latihan adalah bagian agar Anda mampu melakukan hal-hal yang diperlukan untuk meraih sukses. Mungkin capek, pusing, gagal, kehilangan, bahkan rasa sakit Anda alami. Tapi itu semua bagian dari usaha Anda dalam meraih sukses.

Termasuk Mencari Banyak Uang, Anda Membutuhkan Ketangguhan

 

Kadang saya tidak habis pikir. Banyak orang yang ingin belajar bisnis online. Saya tunjukan cara, saya tunjukan ilmunya, saya tunjukan jalannya. Namun apa yang terjadi? Mereka tidak menjalankannya. Saat ditanya alasannya, jawabannya adalah …

“Ternyata susah ya.”

Hello! Kalau mudah, semua orang kaya. Aneh saja berharap uang banyak tetapi tidak mau menempuh perjuangan untuk meraihnya. Aneh memang, berharap ke puncak tetapi tidak mau mendaki lerengnya. Aneh itu saat mau mendapatkan produk mahal, tetapi tidak mau membayar harganya. Dan itu semua membutuhkan ketangguhan mental.

It’s about achieving the mental toughness and laser-beam focus you need to make a ton of money.” ~ Dan Pena

Dan Pena, seorang pengusaha bernilai ratusan juta dollar mengatakan, bahwa untuk menghasilkan uang banyak adalah tentang meraih ketangguhan mental dan fokus.

Saat Anda menemukan banyak hambatan, bukan merengek, tetapi teruslah berusaha untuk meraihnya. Tidak ada orang yang akan mengatasi rintangan kecuali Anda sendiri. Andalah yang harus dengan tangguh mengatasi halangan dan rintangan di depan Anda.

Tika Anda tidak mau, maka siap-siaplah menyingkir dan menjadi penonton, biarlah orang-orang lain yang memiliki mental yang tangguh yang akan meraihnya. Silahkan nikmati alasan Anda, bagaimana pun benarnya, silahkan Anda pegang kuat-kuat. Sementara orang lain meraih hasil luar biasa berkat ketangguhan mental dia dalam meraih kekayaan.

Tangguh Itu Penting Dalam Meraih Sukses

mental toughness

Langkah-langkah Tangguh Meraih Impian Atau Mengatasi Masalah

Diatas kita sudah membahas tentang pentingnya memiliki ketangguhan mental. Lalu bagaiman kongkritnya mengimplementasikan tangguh dalam kehidupan Anda baik dalam meraih mimpi maupun mengatasi masalah Anda.

Langkah #1: Tangguhlah Dalam Belajar

Jika Anda tidak memiliki sesuatu, modal misalnya. Jika Anda tidak bisa melakukan sesuatu, tidak bisa menjual misalnya. Jangan dijadikan sebuah alasan untuk menyerah. Yang perlu Anda lakukan adalah belajar. Tidak punya modal, maka Anda belajar agar bisa mendapatkan modal. Jika tidak bisa menjual, maka belajarlah agar bisa menjual.

Saat Anda menjadikan kekurangan sebagai alasan, itu tanda mental Anda kurang tangguh. Yang perlu Anda lakukan adalah belajar agar bisa menutupi kekurangan tersebut. Bukannya dijadikan alasan dan menyerah.

Dalam belajar juga membutuhkan ketangguhan. Untuk berbagai keterampilan seringkali tidak akan langsung bisa sekali baca atau sekali belajar. Jika Anda mengikuti kursus atau pelatihan tertentu, kemudian belum bisa, itu wajar. Yang perlu Anda lakukan adalah terus belajar, terus mencoba, dan terus berlatih.

Termasuk belajar dari panduan tertulis seperti buku dan ebook. Juga belajar dari video atau audio. Akan dibutuhkan ketangguhan saat Anda belajar sampai bisa. Teruslah belajar sampai bisa, meski susah, meski sulit, meski pusing, meski harus memakan waktu. Inilah mental yang tangguh.

Langkah #2: Tangguhlah Dalam Bertindak

Saat Anda bertindak, Anda tidak akan selamanya menemukan jalan mulus. Bahkan kebanyakan tidak mulus. Anda akan bertemu dengan jalan terjal, penuh kerikil, menanjak, banyak halangan, dan rintangan. Jangan berhenti, sebab orang-orang sukses sekarang juga pernah mengalami ini.

Ada orang yang menyerah ada orang yang terus melaju. Dan itulah yang membedakan antara orang gagal dan sukses. Anda harus bertindak dengan tangguh, menghadapi, mengatasi, dan menghilangkan rintangan yang ada di depan Anda.

Jika Anda tidak mau, terus maunya apa? Menunggu orang lain menghilangkan rintangan untuk Anda? Orang lain tidak bisa diandalkan, mereka punya impian sendiri dan juga mereka punya masalah sendiri. Anda harus mengandalkan diri Anda sendiri untuk menghadapinya.

Saat ada halangan di depan Anda, belok kiri, belok kanan, lompati, gali terowongan, bobol halangan, dan jika masih tidak bisa, maka cari jalan lain. Bukan menyerah.

Langkah #3: Tangguhlah Sampai Berhasil

Mungkin And sudah bisa. Mungkin Anda sudah menghilangan rintangan Anda bertindak. Namun, hasil tidak kunjung datang. Ujian berikut datang, apakah Anda akan tangguh sampai hasil itu datang.

Sebab yang mengalami hal ini bukan hanya Anda, orang lain pun sama. Orang-orang yang meraih sukses sekarang kadang harus menunggu waktu sampai apa yang mereka cita-citakan bisa tercapai. Banyak contoh jika mau kita bahas. Salah satunya, bisa saja Thomas Edison menyerah setelah mencoba 1000 kali percobaan.

Dia sudah punya alasan kuat. “Saya sudah mencoba 1000 kali lho, wajar kalau menyerah.”

Nyatanya tidak, dia terus mencoba dan mencoba sampai berhasil. Mungkin Anda pun akan mengalami hal yang sama. Penjualan Anda sering ditolak. Proposal Anda sering diabaikan. Produk Anda tidak laku-laku. Artikel Anda tidak mendatangkan pengunjung. Itu mungkin terjadi.

Pertanyaanya, apakah Anda cukup tangguh bertahan saat hasil belum datang juga?

Baca Juga: Rahasia Sukses: Bersiaplah Untuk Gagal dan Gagal Lagi

Kesimpulan

Tangguhlah!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield